::: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) ::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id ::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::

Ikuti Green Sanlat Ramadhan LPBINU, Dapatkan Berbagai Manfaatnya

Jumat, 24 Mei 2019 23:00 Nasional

Bagikan

Ikuti Green Sanlat Ramadhan LPBINU, Dapatkan Berbagai Manfaatnya
Sekretaris LPBINU, Yayah Ruchyati.
Jakarta, NU Online
Membangun kesempurnaan akhlak manusia merupakan misi utama Rasulullah Saw. Dalam hal ini konsep akhlak tidak hanya menyangkut soal perilaku manusia dengan sesamanya, akan tetapi juga manusia dengan dirinya, dengan alam dan dengan Allah Swt.

Mengingat pentingnya tuntutan inheren manusia dengan lingkungan alam semesta Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim Nahdlatul Ulama (LPBI NU) akan menggelar kegiatan pesantren kilat atau sanlat. Melalui Green Sanlat Ramadhan kegiatan ini mengajak para siswa Sekolah Dasar (SD) atau pelajar berumur 8-12 tahun.

"Green Sanlat Ramadhan yang bertemakan Cinta Agama, Cinta Negara, Cinta Lingkungan tersebut tidak hanya memberikan pemahaman soal keislaman saja, akan tetapi juga akan dibekali bagaimana mencintai lingkungan dan mengajak anak-anak agar peduli terhadap lingkungan sejak dini," kata Seketaris LPBINU Yayah Ruchyati di Gedung PBNU, Jumat (24/5).

Yayah mengatakan sejumlah kegiatan yang termasuk di dalam rangkaian Sanlat di antaranya memberikan bimbingan memahami pokok-pokok Tauhid dan Akidah Islam, bimbingan memahami konsep Aswaja dan ke-NU-an, konsep toleransi antarumat beragama, membaca Al-Qur'an yang benar, bimbingan shalat wajib dan shalat sunah, dan juga akhlakul karimah kepada orangtua, guru, dan kepada teman.

"Nilai lebih ari mengikuti Sanlat ini adalah nantinya para peserta akan mendapat aneka bekal materi tentang akhlak kepada lingkungan, membuat produk daur ulang, mengelola lingkungan dengan metode ecobrick, dan bimbingan mengelola lingkungan dengan metode bijak menggunakan plastik, yang dibungkus dengan kemasan interaktif dan menyenangkan karena peserta yang disasar adalah anak-anak," imbuh Yayah.

Kegiatan Green Sanlat Ramadhan akan diselenggarakan selama dua hari pada 27-28 Mei, di Masjid Annahdlah Gedung PBNU Jl Kramat Raya 164, Senen, Jakarta Pusat. Adapun pendaftaran dapat dilakukan dengan cara mengisi formulir di http://bit.ly/GreenSanlatLPBINU atau via telepon maupun pesan WhatsApp ke nomor Ai Rosita 0813 8107 7129/Anty 0857 9560 9500. (Anty Husnawati/Kendi Setiawan)