::: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) ::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id ::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::

Layani Pemudik, SMK Ma’arif NU Buka Bengkel Siaga Gratis

Selasa, 04 Juni 2019 21:30 Daerah

Bagikan

Layani Pemudik, SMK Ma’arif NU Buka Bengkel Siaga Gratis
Teknisi Bengkel Siaga Idul Fitri SMK Ma'arif NU Mantup.
Lamongan, NU Online
Bagi para pemudik yang menggunakan motor saat liburan Idul Fitri bisa bernafas lega. Karena siswa kompetensi keahlian Teknik dan Bisnis Sepeda Motor SMK Ma’arif NU Mantup, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur menghadirkan program sosial berupa Bengkel Siaga Idul Fitri. 

“Tujuan digelarnya kegiatan ini untuk memberikan layanan terhadap  masyarakat dan pemudik yang melintasi jalur provinsi antara wilayah Kabupaten Lamongan dan Mojokerto,” kata Masheru, Selasa (4/6).

Bengkel Siaga Idul Fitri yang didirikan di depan sekolah setempat sebagai bentuk kegiatan sosial kemasyarakatan. “Selain sebagai pembelajaran siswa dalam mengelola bengkel, tujuannya adalah membantu pemudik dan masyarakat yang mengalami permasalahan pada kendaraannya,” kata Kepala SMK Ma’arif NU Mantup tersebut. 

Layanan menerima sejumlah keluhan yang kerap dialami motor. “Mulai dari tambal ban, ganti oli, ganti spare part dan service ringan,” jelasnya.  

Pamudik hanya membayar jika ada penggantian spare part saja. “Untuk biaya jasanya gratis,” kata Haries Mahfudzin.

Menurut Ketua Kompetensi KeahlianTeknik dan Bisnis Sepeda Motor di sekolah setempat, bahwa seluruh layanan dikerjakan oleh siswa. “Tapi masih di bawah pengawasan guru produktif, setiap hari kita jadwal untuk siswa piket di Bengkel Siaga Idul Fitri ini,” urainya.

Kepala SMK Ma’arif NU Mantup mengatakan, Bengkel Siaga Idul Fitri merupakan salah satu program dari pemberdayaan bengkel SMK.

“Program tersebut sebagai kerja sama PT Surya Prana Sesama (SPS) dan Astra Otoparts,” ungkapnya. 

Menurut Masheru, selama ini pihak sekolah mendapat pembinaan pengelolaan bengkel dari PT SPS. “Dan untuk spare part yang kita sediakan bekerja sama dengan Astra Otoparts,” katanya. 

Bagi para pemudik, layanan ini berlaku lumayan panjang. “Bengkel siaga ini kita siapkan mulai tanggal 1 Juni sampai 8 Juni 2019 mulai pukul 08.00 sampai dengan 16.00 WIB,” tutupnya.

Jadi, ada baiknya pemudik bisa memanfaatkan kesempatan ini secara baik. Agar kegiatan silaturahim mengunjungi kerabat dan saudara berjalan lancar lantaran kondisi motor telah mendapat penanganan yang prima. (Sukamto/Ibnu Nawawi)