::: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) ::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id ::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::

Damainya Lebaran Bersama Pemuda dan Tokoh Lintas Agama di Lampung

Kamis, 06 Juni 2019 12:00 Daerah

Bagikan

Damainya Lebaran Bersama Pemuda dan Tokoh Lintas Agama di Lampung
Kunjungan Tokoh Lintas Agama ke Kediaman Ketua NU Lampung

Pringsewu, NU Online
Berpakaian seragam putih dengan warna kuning dan hijau menghiasi bagian lengan dan leher, sejumlah pemuda nampak aktif membantu kelancaran acara shalat Idul Fitri di Pendopo Kabupaten Pringsewu, Rabu (5/6). Menggelar tikar, mengatur arus lalulintas, memarkir dan menjaga kendaraan dilakukan oleh para pemuda ini.

Sesekali mereka berdiskusi dengan para petugas keamanan dan TNI yang juga menjaga keamanan serta ketertiban pelaksanaan shalat yang setiap tahun di gelar oleh Panitia Peringatan Hari Besar Islam Pringsewu. Mereka ini adalah ormas Pemuda Katolik Kabupaten Pringsewu. Selain itu ormas Pemuda Kristen juga ambil bagian dalam kegiatan ini.


Foto: Pemuda Lintas Agama Pringsewu Melakukan Penjagaan Shalat Id di Pendopo

Wakil Sekretaris Pemuda Katolik Komcab Pringsewu Paulus Suwantoro mengaku sangat bahagia dapat berpartisipasi membantu petugas kepolisian dalam mengamankan ibadah umat Islam di Kabupaten Pringsewu.

Ia mengungkapkan juga bahwa keikutsertaan seperti ini dilakukan sudah sejak tahun lalu. Suwantoro pun berharap kehadiran mereka dapat membantu sekaligus menjadi gambaran kerukunan antar umat beragama yang ada di Kabupaten Pringsewu.

"Senang bisa ikut berpartisipasi membantu, dan senang bisa bersilahturahmi dengan masyarakat Kecamatan Pringsewu," ungkapnya.

Kegiatan shalat Idul Fitri yang bertemakan Menebar Maaf, Membangun Kebersamaan di Pendopo tersebut diikuti ribuan jama'ah. Selain Pemuda Katolik dan Kristen, Perhimpunan Pemuda Hindu Indonesia (Peradah) Pringsewu juga ikut berpartisipasi.

Selain di Pringsewu, partisipasi para pemuda lintas agama juga dilakukan di Posko Mudik Pemuda Ansor Kabupaten Lampung Selatan. Sejumlah pemuda lintas agama menjaga posko yang didirikan di komplek Kantor PCNU Lampung Selatan pada hari H lebaran.

"Ini merupakan hasil koordinasi kami dengan para pemuda lintas agama. Mereka akan menjaga posko arus mudik di Jalan Lintas Sumatera ini untuk tiga hari kedepan. Bergantian dengan anggota Banser yang sudah menjaga Posko dari H-7," kata Pengurus NU Lampung Selatan, Edi Sriyanto melalui sambungan telepon kepada NU Online.


Foto: Pemuda Lintas Agama Menjaga Posko Mudik Ansor Lampung Selatan

Selain menjaga Posko Mudik, pemuda lintas agama pun menjaga beberapa masjid yang digunakan untuk pelaksanaan shalat Id di Kabupaten Lampung Selatan.

"Ini merupakan wujud saling memahami dan saling membantu antar pemeluk agama. Ketika pemeluk agama lain merayakan hari rayanya, dari Ansor dan Banser juga ikut melakukan pengamanan," ungkapnya.

Sementara di hari H lebaran, sejumlah tokoh lintas agama Provinsi Lampung juga menyampaikan selamat Hari Raya kepada umat Islam. Mereka mengunjungi para tokoh agama Islam Lampung di antaranya di kediaman Ketua PWNU Lampung, KH Mohammad Mukri.

"Ya, para tokoh lintas agama kemarin ramai-ramai bersilaturahim ke rumah," kata Profesor yang juga Rektor UIN Raden Intan Lampung ini kepada NU Online di hari kedua lebaran.

Partisipasi para pemuda dan kunjungan silaturahmi para tokoh ini semakin menunjukkan bahwa masih ada dan masih kuat persatuan dan kesatuan di negeri ini. Perbedaan keyakinan tidak menjadi penghalang terwujudnya kedamaian di negeri tercinta ini. Hanya orang yang tidak beragama yang tidak menginginkan kerukunan dan perdamaian. (Muhammad Faizin)