::: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) ::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id ::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::

Ilmu Bikin Cantik dan Kaya

Selasa, 18 Juni 2019 10:45 Daerah

Bagikan

Ilmu Bikin Cantik dan Kaya

Sumenep, NU Online
Jika anda tidak cantik atau tampan, jangan bersedih hati. Jika anda tidak berharta, jangan berduka lara. Semuanya bisa teratasi dengan ilmu.

Demikian ditegaskan Kiai Abdul Basid Mansur saat memberikan tausiyah dalam  Haflatul Imtihan Lembaga Pendidikan Miftahul Ulum, Lampering, Kecamatan Pragaan, Kabupaten Sumenep, Madura, Senin (17/7) malam.

Menurutnya,  untuk membikin muka tampan atau cantik, tidak harus operasi plastik. Sebab di samping biayanya mahal, juga berisiko tinggi terhadap tubuh. Bahkan tak jarang wanita yang ingin cantik lalu melakukan operasi plastik, namun yang didapat justru kesialan. Di beberapa bagian wajah terlihat menonjol tak beraturan dengan warna kulit bening dan mengkilat, hingga tampak lebih jelek dari sebelum dioperasi plastik.

“Karena itu, jangan sekali-kali operasi plastik. Itu sepertitnya tidak tela dengan pemberian Allah, sehingga diubah sendiri,” ujarya.

Pengasuh Pesantren Nurul Jadid, Dusun Sakaddu' Barat, Desa Bungbaruh, Kadur, Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur, itu  mengutip sebuah Hadits yang berbunyi: Jika kamu tidak memiliki wajah tampan (cantik), maka ilmu yang membuat kamu tampan. Jika kamu tidak memilik harta, maka ilmu yang menjadi harta bagimu.

“Jelas ilmu bisa membuat kita  tampan dan kaya. Tak perlu bertanya bagaimana caranya lantaran itu rahasia Allah. Tapi pasti, dengan ilmu seseorang bisa menjadi mulia,” tutur  Kiai Basid.

Karena itu, ia mengajak kepada para pemuda untuk tidak ragu dalam menuntut ilmu di manapun dan kapanpun. Apalagi  menuntut ilmu itu merupakan kewajiban bagi segenap umat Islam. Tidad ada ruginya orang pintar. Justru yang rugi adalah orang yang bodoh.

"Ilmu bisa bikin cantik,bisa bikin tampan sekaligus bisa kaya dunia-akhirat. Allah Maha Kuasa," tukasnya. (Hairul Anam/Aryudi AR).