::: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) ::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id ::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::

Pesan 6 T dari Rais NU Temanggung untuk Ma'arif NU Jateng

Senin, 24 Juni 2019 18:30 Daerah

Bagikan

Pesan 6 T dari Rais NU Temanggung untuk Ma'arif NU Jateng
Temanggung, NU Online
Pengurus Wilayah (PW) Lembaga Pendidikan (LP) Ma'arif Nahdlatul Ulama Jawa Tengah (Jateng) melakukan silaturahim ke kediaman Rais Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Temanggung, KH Yacub Mubarok di Besaran, Parakan Temanggung, Ahad (23/6) malam. 

Hal itu dilakukan sebelum mengawali Pekan Olahraga dan Seni Ma'arif (Porsema) XI LP Ma'arif PWNU Jateng sejak Senin hingga Kamis (24 -27/6).

Ketua PW LP Ma'arif NU Jateng R Andi Irawan mengemukakan bahwa Porsema dilakukan sebagai wahana silaturahim dan meminta doa agar kegiatan berjalan lancar. Pada kesemapatan tersebut juga pengurus meminta masukan terhadap program Ma'arif NU.

Menurut KH Yacub Mubarok, PW Ma'arif NU Jateng diimbau melakukan 6 T. Pertama adalah taaruf atau perkenalan. Kedua yaitu taahkha atau seduluran. Ketiga tarahum berupa saling kasih sayang. Keempat, taawun yang bermakna saling membantu. Kelima, tawasau atau saling mengingatkan, memberi nasihat. Keenam, tadaau atau saling mendoakan.

Dalam melakukan tugas mendidik, ulama MUI Temanggung ini juga berpesan bahwa pendidikan harusnya melestarikan tradisi menjaga riwayat keilmuan. "Selain ta'dib, dalam menjalankan pendidikan jangan melupakan riwayat dan tanggungjawab," ungkapnya.



Dijelaskan Mbah Yacub, untuk menyesuaikan zaman, penguatan pada guru juga harus dilakukan khususnya pada spirit mengajar. "Gaji berbeda dengan rezeki. Guru di Ma'arif harusnya bekerja, jangan memburu gaji. Jika ada guru menerima musibah, maka harus introspeksi karena guru itu didoakan siswa dengan ucapan salam setiap hari," urainya.

Ia juga berpesan, bahwa Ma'arif dalam merespons zaman harus berhijrah ke dunia teknologi. "Saat ini perkembangan teknologi sangat pesat. Ma'arif harus menguatkan penguasaan IT dalam melakukan tugas kependidikan lewat berbagai kegiatan," ujarnya.

Pada kesempatan itu, selain Ketua PW LP Ma'arif NU Jateng R Andi Irawan, hadir juga pengurus lain mulai dari Mahmudi Abduh, Ahmad Muzammil, Hamidulloh Ibda dan Abdul Halim.

Kiai Yacub sangat mendukung kegiatan dan program PW LP Ma'arif NU Jateng dalam memajukan sekolah dan madrasah. Salah satu program itu adalah Porsema XI NU Jateng di Temanggung. (Ibda/Ibnu Nawawi)