::: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) ::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id ::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::

LP Ma'arif Jombang: Prioritas Program GSM Anak Yatim

Rabu, 26 Juni 2019 21:00 Daerah

Bagikan

LP Ma'arif Jombang: Prioritas Program GSM Anak Yatim
Penyerahan bantuan peralatan sekolah untuk anak yatim
Jombang, NU Online
Pengurus Cabang Lembaga Pendidikan (PCLP) Ma'arif NU Kabupaten Jombang Jawa Timur mulai menyalurkan dana dari Kirab Koin yang digelar pada Ramadhan 1440 Hijriyah kemarin.
 
Salah satu penggunaan hasil kirab adalah untuk menguatkan program Gerakan Siswa Manteb (GSM) di sejumlah madrasah dan sekolah binaannya.

"Gerakan ini adalah untuk membantu siswa-siswi di madrasah atau sekolah yang dinilai kurang mampu. Bantuan berupa peralatan sekolah, uang tanggungan siswa dan lain sebagainya," kata Ketua Jaringan Pengumpul Zaka, Infaq, dan Sedekah Nahdlatul Ulama (JPZISNU) LP Ma'arif Jombang, HM Dzulkhoiri, Rabu (26/6).. 

Dikatakan, GSM ini dalam makna Gerakan Sedekah, Infaq Siswa manfaat teman sebaya. Bentuk bantuan anak-anak di madrasah berupa peralatan sekolah dan lain sebagainya yang dibutuhkan siswa. 

"Sasaran utama program GSM adalah kepada siswa dan siswi yang tergolong yatim piatu di masing-masing madrasah. Namun, tidak menutup kemungkinan peserta didik lain yang berekonomi menengah ke bawah juga mendapatkan manfaat program ini asal diusulkan oleh madrasah terkait," ungkapnya.

Penyaluran hasil Kirab Koin JPZISNU LP Ma'arif melalui program GSM-nya bergulir secara bertahap di sejumlah madrasah dan sekolah. Dimulai dari MI Madinatul Ulum Mojokrapak pada 23 Juni 2019 lalu, kemudian di MI Arrosyidin Pulogedang pada 24 Juni 2019. Keduanya termasuk di Kecamatan Tembelang, Jombang. 

Pengurus JPZISNU Ma'arif di Kota Santri ini hingga kini terus bergerak mentasarufkan hasil Kirab Koin melalui prgram GSM ke berbagai sekolah dan madrasah yang dibinanya secara bergiliran. "Kemarin kita juga bergerak ke Ma'arif Kecamatan Plandaan dan akan terus berlanjut," ujar pria yang kerab disapa Abah Khoir ini.

Untuk diketahui, Kirab Koin NU tersebut diinisiasi oleh PC Lembaga Amil, Zakat, Infaq, dan Sedekah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Jombang, dan dilakukan pada Ramadhan 1440 H lalu. Sementara LP Ma'arif melalui JPZISNU-nya menjadi bagian dari pihak yang menyukseskan kegiatan ini. 

Untuk penyalurannya, LAZISNU sendiri memulainya saat tengah Kirab Koin NU masih berlangsung dan berakhir pada akhir Ramadhan. Berbeda dengan JPZISNU Ma'arif yang menyalurkan hasil Kirab Koin setelah Ramadhan. (Syamsul Arifin/Muiz)