::: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) ::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id ::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::

NU Kabupaten Pasuruan Miliki Relawan Bencana Hingga Kecamatan

Kamis, 27 Juni 2019 19:00 Daerah

Bagikan

NU Kabupaten Pasuruan Miliki Relawan Bencana Hingga Kecamatan
Pasuruan, NU Online
Pengurus Cabang (PC) Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim (LPBI) Nahdlatul Ulama Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur menggelar sosialisasi dan pembentukan LPBI di tingkat kecamatan atau Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU). 

“Hari ini dilakukan di MWCNU Sidogiri. Setelah ini akan dibentuk di MWCNU Kraton, Pohjentrek, Wonorejo, Puspo, Tosari, dan Tutur,” kata Aris Felani, Rabu (26/6).

Menurut Sekretaris PC LPBI NU Kabupaten Pasuruan tersebut dalam rangka menguatkan kader relawan. "Tujuanya menguatkan kader relawan NU untuk melakukan koordinasi di tingkat bawah dalam kegiatan penanggulangan bencana," katanya. 

Hal tersebut disampaikannya di sela kegiatan sosialisasi dan pembentukan LPBI MWCNU Sidogiri yang bertempat di Balai Desa Sidogiri.

Lebih lanjut, Kang Aris, sapaan akrabnya juga menjelaskan secara detil terkait komitmen NU untuk peduli terhadap persoalan bencana di Pasuruan. “Karena kebanyakan warga yang terdampak bencana juga nahdliyin atau warga NU. Karenan wajar kalau keberadaan lembaga diteruskan hingga tingkat kecamatan,” jelasnya.

Dalam pandangannya, LPBI NU fokus menangani assesment kader dan penguatan sumber daya manusia atau SDM. “Tentunya dalam praktiknya bersama BPBD, Bagana atau Banser Tanggap Bencana yang survey ke lapangan,” ungkapnya. 

Pada saat yang sama juga ada keterlibatan Lembaga Amil Zakat, Infak dan Sedekah Nahdlatul Ulama atau LAZISNU setempat. “Keberadaannya fokus dalam menyuplai dana dan barang untuk warga terdampak bencana," kata mantan Sekretaris Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Kabupaten Pasuruan tersebut.

Senada dengan itu, Gus Saiful Anam Chalim menegaskan bahwa keberadaan NU untuk semua kalangan.

"NU menangani istighotsah, lailatul ijtima, zakat dan sedekah, shalawatan, hingga mengurusi bencana," katanya.

Hal tersebut memberikan penjelasan bahwa kehadiran NU tidak semata menangani urusan keagamaan. “Hajat dan yang berkenanaan dengan kepentingan warga paling bawah tentu menjadi bagian dari perhatian NU,” tegasnya.

Karena itu, Sekretaris Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Kabupaten Pasuruan ini berharap para relawan untuk benar-benar mengabdi demi kepentingan warga. (Dayat/Makhfud/Ibnu Nawawi)