::: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) ::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id ::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::

Upaya Rijalul Ansor Parongpong Bandung Barat Dorong Ajengan Manfaatkan Media

Rabu, 10 Juli 2019 07:30 Daerah

Bagikan

Upaya Rijalul Ansor Parongpong Bandung Barat Dorong Ajengan Manfaatkan Media
Peserta Dirosah Ula Rijalul Ansor Parongpong, Bandung Barat.
Bandung Barat, NU Online
Rijalul Ansor Kecamatan Parongpong bekerjasama dengan Rijalul Ansor Kabupaten Bandung Barat mengadakan kegiatan kaderisasi Dirosah Ula Rijalul Ansor.

Kegiatan bertemakan Membumikan Aswaja Annahdliyah sebagai Pemersatu Bangsa dan Penangkal Radikalisme bertempat di Madrasah Baitun-Nidzom Al-Islami Desa Cihanjuang Kecamatan Parongpong. Kegiatan yang berlangsung Sabtu-Ahad, 6-7 Juli 2019 tersebut berjalan khidmat dan diikuti 60 peserta.

Ketua PAC GP Ansor Parongpong, Gari Abdul Jabbar mengatakan dengan diambilnya tema tersebut diharapkan agar para peserta bisa menjadi agen pemersatu antarumat. Persatuan umat, kata dia, sempat terpecah karena perbedaan pilihan politik pada kontestasi Pilpres dan Pileg, harus kembali disatukan oleh peran-peran Rijalul Ansor.

"Sebagaimana kita tahu, bahwa Rijalul Ansor merupakan salah satu badan semi otonomnya Gerakan Pemuda Ansor yang berfokus pada kegiatan-kegiatan keagamaan di akar rumput. Mereka dekat dengan masyarakat karena tiap minggunya mereka pasti melaksanakan kegiatan seperti Manaqiban, Tahlilan, Maulidan, dan lainnya," paparnya.

Sementara itu, Ketua PC GP Ansor Bandung Barat dalam sambutanya menekankan pentingnya para kiai untuk menguasai media. Pada saat ini menjaga paham Aswaja perlu juga dilakukan di media sosial karena interaksi masyarakat sangat sering sekali menggunakan media sosial.

"Sehingga media sosial harus dijadikan sebagai lahan dakwah menyebarkan Islam rahmatan lil 'alamin," imbaunya.

Kegiatan Dirosah ini merupakan yang kedua dilaksanakan di Bandung Barat. Diharapkan pula hasil dari dirosah ini melahirkan ajengan, ustad atau kiai yang gerak langkahnya seiring dan beriringan dengan kebijakan Nahdlatul Ulama dari segi itu amaliyah, fikrah, ghirah dan harakahnya. (Red: Kendi Setiawan)