::: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) ::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id ::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::

MUI: Warung dan Hiburan Harap Tutup selama Ramadhan

Rabu, 19 Agustus 2009 12:02 Warta

Bagikan

Kudus, NU Online
Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Kudus mengimbau kepada para pemilik warung makan dan tempat hiburan tutup selama bulan Ramadhan. Hal tersebut dikarenakan hanya semata-mata alasan untuk menghargai umat Islam.

"Kami sudah menyampaikan imbauan kepada para pemilik warung dan tempat hiburan, agar selama bulan Ramadhan mereka tutup," kata ketua MUI Kudus, KH Syafi' Nashan, saat ditemui, Selasa (17/8).<>

Imbauan tersebut merupakan hasil koordinasi Majelis Ulama Indonesia cabang Kudus yang meminta semua warung atau penjual makanan tutup di siang hari.

Menurut Syafi', jika masih ada warung atau penjual makanan yang berjualan di siang hari, pihaknya akan menindak dengan meminta bantuan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Pemkab Kudus bersama instansi yang berwenang. Hal tersebut dikarenakan sesuai dengan karakter kota Kudus yang kondusif dan religius.

"Jadi nanti akan dilakukan pemantauan di lapangan, jika memang ditemukan ada warung, café, restoran atau penjual makanan lainnya yang masih berjualan di siang hari jelas akan ditindak," tuturnya.

Kebijakan lainnya meminta semua lapisan masyarakat agar waktu sahur dan berbuka puasa mengikuti ketentuan yang telah ditetapkan kantor departemen agama setempat.

"Kami telah sepakat bahwa yang akan ada acuan sahur dan berbuka puasa yang jadwalnya disesuaikan," terangnya sebagaimana dilansir Radar Kudus.

Menurut Syafik, MUI juga telah mengimbau semua takmir masjid dan musalla yang ada di Kabupaten Kudus agar mengikuti jadwal di masjid-masjid yang ada, termasuk semua stasiun radio yang ada di Kudus.(min)