::: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) ::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id ::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::

H M. Rozy Munir Meninggal Dunia

Senin, 22 Februari 2010 10:06 Warta

Bagikan

H M. Rozy Munir Meninggal Dunia
Jakarta, NU Online
Inna lillahi wa inna ilaihi rajiun. Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) yang juga menjabat Duta Besar RI untuk Qatar, H M. Rozy Munir meninggal dunia di Rumah Sakit Pelni, Jakarta Pusat, Senin (22/2) pada pukul 07.50 WIB. Almarhum meninggal dunia pada usia 67 tahun.

Usai dimandikan di RS Pelni pada sekitar pukul 09.00 WIB jenazah akan diberangkatkan ke rumah duka Kompleks Dosen UI, Nomor 73, Ciputat untuk disemayamkan. Jenazah putra pertama Kiai Munasir Ali ini akan dimakamkan di tanah kelahirannya di Mojokerto, Jawa Timur.<>

Informasi yang diterima NU Online, jenazah almarhum akan diterbangkan dari Ciputat ke Mojokerto pada pukul 17.00 WIB.

Rozy Munir lahir di Mojokerto pada 16 April 1943. Ia meninggal akibat penyakit kangker hati. “Penyakit kangker hati ini baru dideteksi sebulan yang lalu,” kata seorang kerabat di RS Pelni.

Beberapa kerabat dan dan pengurus PBNU tampak melawat ke RS Pelni, seperti  pengasuh pesantren Tebuireng Jombang KH Salahuddin Wahid (Gus Sholah), Ketua PBNU H Abbas Muin, Wakil Ketua Lembaga Pelayanan Kesehatan (LPK) NU H Bina Suhendra, Ketua PP Lakpesdam NU Nasihin Hasan, dan Wakil Ketua PP Lembaga Bahtsul Masail H M. Cholil Nafis.

Semasa hidup, almarhum Rozy Munir pernah menjabat sebagai Menteri Negara Penanaman Modal dan Pembinaan Badan Usaha Milik Negara pada zaman Presiden Gus Dur, dan anggota Panwaslu pusat.

Almarhum pernah menjabat sebagai dosen di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, anggota Lembaga Sensor Film, anggota Dewan Keamanan dan Pertahanan Nasional, staf ahli Menteri Tenaga Kerja, dan Kepala Pusat Penelitian Pembangunan Infrastruktur UI.

Di lingkungan PBNU, Rozy Munir adalah sosok di balik sukses penyelenggaraan International Conference of Islamic Scholars (ICIS). Ia menjadi ketua panitia penyelenggara ICIS I dan II pada 2004 dan 2006. (nam)