::: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) ::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id ::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::

Doa Akhir dan Awal Tahun Jelang Tahun Baru Hijriyah

Ahad, 27 November 2011 11:26 Daerah

Bagikan

Jepara, NU Online
Menjelang datangnya tahun baru Hijriyah 1433 umat Islam membacakan doa akhir dan awal tahun. Doa akhir tahun dibacakan selepas shalat Ashar sedangkan doa awal tahun dibaca setelah shalat Maghrib. Masyarakat muslim yang berjamaah di masjid maupun musholla membacakan doa tersebut secara berjamaah. Sementara mereka yang tidak membacakannya sendiri di rumah.

Ritual semacam itu tampak di Musholla Baitur Rohman desa Margoyoso, kecamatan Kalinyamatan, Sabtu (26/11) kemarin. Selepas Ashar dan Maghrib kaum musholla setempat membacakan doa akhir dan awal tahun dipimpin langsung oleh imam.
<>
Syuriyah MWC NU Kalinyamatan, KH Muchlisul Hadi sekaligus Nadhir Musholla Baitur Rohman yang diwakili K Khoirul Kamal mengatakan bahwasanya tujuan dibacakannya doa tersebut agar setahun kedepan setiap manusia diberikan keamanan dari godaan setan yang terkutuk.

“Tujuan dari kita berdoa akhir dan awal tahun adalah agar kita terhindar dari godaan setan. Sebab setiap waktu kita selalu diganggu oleh makhluk laknat itu,” katanya.

Berdasar tujuan itu, ia menyitir salah satu hadits Nabi yang intinya setan berjanji kepada Allah akan selalu mengganggu manusia selama nyawa masih di kandung raga.

“Sedangkan Allah juga menyeru kepada setan bahwasanya selama manusia mau bertobat maka Allah tidak akan menghalangi niatnya dan segera mengampuni hambanya yang taubatan nasuha,” imbuhnya.

Dari hadits yang diungkapkan itu, Kyai Kamal menjelaskan bahwa doa bertujuan untuk meminta maghfiroh dari Allah juga untuk berlindung kepadaNya dari marabahaya setan alaihi laknat.


Redaktur    : Mukafi Niam
Kontributor: Syaiful Mustaqim