::: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) ::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id ::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::

Haul Tubagus Falak, Pendiri NU Bogor

Rabu, 09 Mei 2012 13:39 Nasional

Bagikan

Bogor, NU Online 
Kegiatan Haul Almaghfurlah KH Tubagus Muhammad Falak bin Abbas ke-40 yang berlangsung sejak Rabu (2/5), dimulai dengan kegiatan Khotmul Qur'an dan puncak kegiatannya dilaksanakan Sabtu (5/5), di Pondok Pesantren Al-Falak Pagentongan, Kecamatan Bogor Barat.<>

Kegiatan haul Sabtu lalu itu, diisi dengan berbagai acara yakni Khotmul Quran, Burdah dan Simtudduror, Maulid, Dzikir, Tahlil dan sambutan serta Tausiyah. Saat sambutan dilakukan, salah seorang perwakilan keluarga KH Tubagus Muhammad Falak dalam sambutannya berharap, agar nama KH Tubagus Muhammad Falak bisa dijadikan sebagai nama jalan di Kota Bogor.

Menyikapi hal tersebut, Ketua PCNU Kabupaten Bogor mengatakan bahwa sebagai Ulama Besar beliau merupakan tokoh sufi yang patut menjadi suri tauladan. “Terbukti setiap Khaul Beliau banyak sekali jamaah yang hadir, hari ini menurut perkiraan saya tidak kurang dari 3000 jamaah” imbuhnya. 

Hampir setiap malam, khususnya malam Jum’at tidak henti-hentinya orang yang berziarah dimakam Beliau.

Salah seorang cucu Beliau, Achmad Ubaidilah, yang juga sebagai Ketua Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim (LPBI) PCNU Kabupaten Bogor mengatakan, "Selama hidup, Beliau selalu sederhana. Kami sebagai penerusnya berkewajiban meneruskan cita-cita beliau dalam menegakkan ajaran Ahlussunnah wal Jama’ah," tutur Ubaidillah.

Hadir Sekretaris Ditjen Bimas Islam Kemenag RI mewakili Menteri Agama Suryadharma Ali sebagai salah seorang alumni Pesantren Al-Falak, Asda Kota Bogor Edgar Suratman, Danrem 0606 Suryakancana.

Haul dihadiri oleh lebih dari 3000 jemaah yang berasal dari berbagai kalangan di kabupaten dan Kota Bogor dan sekitarnya. Hadir pula para habaib, kyai pimpinan pesantren di Bogor, ibu majelis talim, santri, tokoh masyarakat Kota dan Kabupaten Bogor.

 

 

Redaktur      : Syaifullah Amin

Kontributor : Ahsan Ustadzi