::: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) ::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id ::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::

Pelajar NU Semarakkan Idul Adha dengan Festival Oncor

Selasa, 15 Oktober 2013 23:00 Daerah

Bagikan

Pelajar NU Semarakkan Idul Adha dengan Festival Oncor

Jepara, NU Online
Pimpinan Ranting (PR) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatull Ulama (IPPNU) Desa Bandungrejo, Kecamatan Kalinyamatan Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, menyemarakkan malam Idul Adha dengan Festival Oncor, Senin (14/10) malam. 
<>
Kegiatan tersebut diikuti 13 dukuh se-Desa Bandungrejo dengan rute balai desa Bandungrejo-SD Bandungrejo 1-Tugu Jagad-Pasar Benguk-Makam Mbah Muruan-Parimono-Balaidesa Bandungrejo. 

Ketua panitia, Nur Said yang diwakili seksi acara, A Alimul Hasan mengatakan, kegiatan diselenggarakan untuk menyemarakkan malam Idul Adha. Dipilihnya Idul Adha karena mudah untuk berkoordinasi dengan anggota yang lain. 

Hasan yang pernah menjadi ketua panitia kegiatan serupa menyatakan, Festival Oncor yang dulunya bernama Takbir Keliling sudah ada sejak dulu dan rutin dilaksanakan setiap tahun. “Festival Oncor Kalinyamatan (FOK) menjadi agenda terbesar IPNU-IPPNU Bandungrejo. Sehingga ditunggu-tunggu masyarakat desa kami,” jelasnya, saat ditemui disela-sela kegiatan. 

H Ahmad Marzuqi, Bupati Jepara yang turut hadir, dalam sambutannya mengungkapkan, kegiatan tersebut untuk melestarikan budaya. Budaya serupa yang masih dilestarikan di Jepara, sebut Marzuqi misalnya, Jembul Tulakan (Tulakan), Perang Obor (Tegal Sambi) dan Baratan (Kalinyamatan). 

Ia menambahkan, kegiatan juga sejalan dengan perintah Nabi yaitu menghidupkan 2 hari raya yaitu Idul Fitri dan Idul Adha. 

Koordinator dewan juri, Suudi usai rembugan dengan 3 juri lain perwakilan dari GP Ansor, PAC IPNU-IPPNU Kalinyamatan dan PC IPNU-IPPNU Jepara memberikan apresiasi kepada semua peserta. “Festival ini yang dinilai terdiri dari 4 kategori kreativitas, semangat bertakbir, kekompakan dan jumlah peserta,” papar juri atas nama perwakilan NU itu. 

Sebagai juara I Musholla Al-Falah (Keceh) dengan nilai 1082, juara II dari dukuh Pohseret Musholla Roudlotul Jannah dengan skor 1057 sedangkan juara III diraih dukuh Kauman, Masjid Baitul Izzah dengan 1018. 

Untuk juara harapan secara berurutan diraih Mushola Al-Husna (Baleromo) 1013, Musholla Al-Ikhlas dukuh Kerdan dengan 1012 dan Mushola Roudlotus Sholikhin dukuh Ngasem dengan nilai 1007. 

Pemenang I mendapat piala bergilir dan uang pembinaan, pemenang 2 dan ketiga mendapat piala dan uang pembinaan. Semua juara harapan mendapat piala. Dan semua peserta yang belum juara mendapat bingkisan dari panitia. (Syaiful Mustaqim/Abdullah Alawi)