::: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) ::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id ::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::

Dulu Madrasah Memang Dipandang Sebelah Mata

Rabu, 25 Juni 2014 11:01 Daerah

Bagikan

Dulu Madrasah Memang Dipandang Sebelah Mata

Banjar, NU Online
Dulu madrasah hanya dipandang sebelah mata oleh kebanyakan orang. Pendidikan yang fokus pada pembelajaran agama dinilai kurang bersahabat dengan pasar kerja, dan lain sebagainya. Tapi madrasah kini lain.
<>
Hal ini diakui Kepala Madrasah Aliyah (MA) Al-Azhar Kota Banjar KH Mu’in Ar saat acara Pelepasan Siswa MA Al-Azhar Kota Banjar, Jawa Barat, Sabtu (21/6).

Menurutnya, para lulusan madrasah kini bisa diterima semua kalangan. Para orang tua patut berbangga karena kini banyak lulusan madrasah yang bisa diterima di perguruan tinggi negeri (PTN) melalui beasiswa, baik yang diselenggarakan oleh Kemenag ataupun Kemendikbud.

“Saya bangga, alhamdulilah dari 162 siswa/siswi lulus 100% dan banyak siswa/siswi yang diterima oleh PTN melalui beasiswa,” tutur Mu’in.

Ia mengungkapkan, 3 siswi dari madrasahnya sekarang diterima di UIN Malang melalui Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB) Tahun 2014, dan banyak lagi lulusan yang diterima di UIN Sunan Gunung Djati Bandung, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, IAIN Walisongo Semarang, UNPAD, ITB dan Akademi Teknologi Kulit (ATK) Yogyakarta.

Dengan banyaknya lulusan madrasah yang diterima di PTN, atanya, tentunya hal ini menjadi sebuah bukti jika madrasah mampu mencetak dan membina lulusan yang berprestasi dan unggul. “Tidak mudah sekarang masuk PTN, banyak saingannya apalagi dari sekolah umum,” ujarnya.

Meski demikian kepala madrasah bertekad untuk terus meningkatkan mutu lembaga pendidikannya.

“Caranya mari kita bentuk dan cetak mereka dengan akhlak dan budi pekerti yang mulia sehingga mampu bersaing dimasyarakat dengan akhlak mulia dan santun,” tegasnya.

Kegiatan pelepasan yang dihadiri para pengasuh Pondok Pesantren Miftahul Huda Al-Azhar Kota Banjar dan ratusan orangtua siswa serta perwakilan Kantor Kementerian Agama Kota Banjar. Acara berlangsung cukup meriah dengan penampilan dan seni kreatif dari para siswa MA Al-Azhar itu sendiri. (Munip/Mahbib)