::: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) ::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id ::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::

SMK NU Balikpapan Miliki Jurusan Multimedia dan Teknik Pengelasan

Rabu, 25 Juni 2014 19:08 Daerah

Bagikan

SMK NU Balikpapan Miliki Jurusan Multimedia dan Teknik Pengelasan

Balikpapan, NU Online
Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Nahdlatul Ulama Balikpapan, Kalimantan Timur, melakukan terobosan baru dengan membuka jurusan Teknik Pengelasan yang sudah berjalan selama setahun, tahun ajaran 2013-2014.
<>
SMK Nahdlatul Ulama Balikpapan membuka jurusan baru ini dengan bekerja sama dengan SMK Negeri 1 Balikpapan melalui MoU antara kedua sekolah kejuruan tersebut. Di antara hasil kerja sama itu adalah bantuan tenaga pengajar ahli Teknik Pengelasan dari SMK Negeri 1 Balikpapan sebanyak 4 orang.

Dibukanya jurusan Teknik Pengelasan didorong akan kebutuhan Sumber Daya Manusia (SDM) yang masih sedikit sedangkan peluang kerja yang masih luas. Di samping itu, SMK yang memilki jurusan tersebut baru SMK Negeri 1 Balikpapan.

"Saya berharap lulusan SMK NU Balikpapan jurusan Teknik Pengelasan dapat terserap secara maksimal di dunia kerja dan dapat membuka usaha secara mandiri," ujar Kepala SMK NU Balikpapan Mudawamatun Nadziroh, Rabu (25/6)

Dengan dibukanya jurusan baru tersebut, SMK NU Balikpapan kini memiliki dua program kejuruan, yaitu Multimedia dan Teknik Pengelasan. Jurusan Multimedia adalah program jurusan yang sudah berlangsung selama 4 tahun sejak SMK NU Balikpapan didirikan.

SMK NU Balikpapan merupakan sekolah menengah kejuruan berbasis pesantren yang mendidik dan mencetak siswa-siswanya agar bisa menempati posisi strategis di dunia bisnis dan industri di era masa kini, serta mampu mengembangkan semangat keislaman ala Ahlussunnah wal Jama'ah di tempat mereka bekerja dan menjadi pribadi yang mandiri dan kuat dalam memegang nilai-nilai keislaman.

Dengan semboyan "Mendidik Generasi Muda menjadi  Profesional dan Berakhlakul Karimah", SMK Nahdlatul Ulama bertekad mewujudkan tujuan pendidikan SMK yaitu meningkatkan kecerdasan pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan  lebih lanjut sesuai dengan kejuruannya.

Fasilitas yang dimiliki, antara lain: ruang belajar yang represntatif, ruang perpustakaan, laboratorium komputer, laboratorium bahasa, sarana multimedia yang memadai, sarana olahraga, sarana ibadah, asrama dan lain-lain.

Sejumlah prestasi yang pernah diraih adalah juara 2 Web Design, juara 3 Animasi dan juara 3 Grapich Design dalam Lomba Keterampilan Siwa (LKS) tingkat Kota Balikpapan tahun 2013. Selain itu, siswa SMK NU Balikpapan juga pernah masuk dalam 10 besar lomba Pidato Bahasa Inggris antara SMA dan SMK se-Kota Balikpapan. Ektrakurikuler utama, antara lain, teknisi komputer, keterampilan menjahit, dan seni bela diri.

Kepala SMK Nahdlatul Ulama Balikpapan juga berharap bisa membuka jurusan baru yang senafas dengan dunia pesantren seperti Perbankan Syari'ah yang saat ini belum dimiliki oleh sekolah kejuruan yang ada di Kota Balikpapan.

"Harapan kami juga bisa membuka jurusan Perbankan Syari'ah yang senafas dengan dunia pesantren," pungkas Ibu Nadziroh, sapaan akrabnya.

Pendaftaran Siswa Baru
SMK Nahdlatul Ulama Balikapan membuka pendaftaran murid baru untuk tahun ajaran 2014-2015. Pendaftaran dapat dilakukan di kantor SMK NU Balikappan. Informasi lebih lengkap dapat menghubungi nomor telpon 0542-41474 atau kontak 081253899337 (Ibu Nadziroh) dan 085654060240 (Imam Turmudzi).

Informasi juga dapat dilihat diwebsite resmi SMK NU Balikpapan yang beralamat di http://www.smknubalikpapan.sch.id. Alamat email: smknubalikpapan@yahoo.com .

Lokasi sekolah berada di komplek Muassah al-Ma'had al-Haditsiyah al-Muttaqien Balikpapan (Yayasan Pondok Pesantren Modern Al-Mutaqqien) di Jalan Ledjend S. Parman RT. 22 No. 47 Sumber Rejo (Gunung Guntur) Kecamatan Balikpapan Tengah, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur. (Abdur Rohim/Mahbib)