::: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) ::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id ::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::

Warga Guyangan Peringati Muharram dengan Festival Suronan

Selasa, 04 November 2014 15:06 Daerah

Bagikan

Warga Guyangan Peringati Muharram dengan Festival Suronan

Jepara, NU Online
Warga desa Guyangan kecamatan Bangsri kabupaten Jepara dalam rangka memperingati tahun baru hijriyah dan Haul ke-8 KH Mustofa Abdul Hamid mengadakan Festival Suronan di desa setempat, Ahad (2/11). Mereka mengarak gunungan hasil bumi sejauh 3 km.
<>
Mereka mengawali arak-arakan dari masjid Baitul Mukminin hingga kembali titik tolak pertama.

Iwan Prihatna, petinggi desa Guyangan menyebutkan, kegiatan ini dilaksanakan kali pertama untuk menyambut tahun baru Islam. “Harapan kami, warga desa diberi kelancaran rezeki dan terhindar dari segala musibah,” jelasnya.

Kegiatan ini, lanjut Iwan, bertujuan untuk meneladani kiprah Kiai Abdul Hamid (1902-2007) yang berjasa bagi desa Guyangan dan sekitar. Hal ini terwujud dari sejumlah pesantren yang berawal dari kiprah almarhum.

Ia menambahkan kegiatan untuk mempererat silaturahmi antarwarga desa. “Semua pendanaan kegiatan murni dari masyarakat. Bukan hanya pendanaan untuk jalannya acara, tetapi juga hingga hidangan yang dimakan juga merupakan sumbangan dari masyarakat,” imbuhnya.

Ia berharap kegiatan yang akan datang lebih meriah dari tahun ini. (Syaiful Mustaqim/Alhafiz K)