::: NU menyelenggarakan rukyat awal Ramadhan 1438 H pada Jumat, 26 Mei 2017 di berbagai daerah di Indonesia  ::: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) :::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id :::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::

Kiai Masdar: Khotbah Jum‘at Jangan Lama

Jumat, 23 Januari 2015 21:03 Nasional

Bagikan

Kiai Masdar: Khotbah Jum‘at Jangan Lama

Jakarta, NU Online
Rais Syuriyah PBNU KH Masdar F Mas‘udi mengingatkan para khotib untuk memerhatikan rambu-rambu khotbah. Kiai Masdar menyayangkan para khotib di sejumlah masjid yang terlalu lama menyampaikan materi taushiyah di atas mimbar.
<>
“Padahal adab Rasulullah SAW dan salafus saleh selalu mempersingkat khotbah dan memanjangkan sembahyang,” kata Kiai Masdar kepada NU Online di ruang Syuriyah PBNU, Jakarta, Rabu (21/1) sore.

Pengurus masjid dalam hal ini memiliki peran penting mengatur durasi khotbah. Mereka berhak mengingatkan khotib untuk membatasi durasi khotbah.

“Pesan ini harus diulang-ulang pengurus masjid kepada para khotib. Pasalnya, khotbah kelamaan ini menjadi bagian dari ukuran adab khotib.”

Mereka juga berhak meminta khotib untuk menyampaikan materi tertentu sesuai kebutuhan umat. Terutama sekali, para khotib tidak boleh menyampaikan isu-isu yang menyinggung atau menyindir pihak manapun, pungkas Kiai Masdar. (Alhafiz K)