::: Inna lillahi wa inna ilaihi raji'un... Sekretaris Jenderal PBNU periode 1999-2004 H. Muhyiddin Arubusman meninggal dunia di Rumah Sakit Tebet, Jakarta pada Senin malam (10/4)::: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) :::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id :::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::

Rokan Hulu Segera Miliki Madrasah Pertanian

Kamis, 07 Januari 2016 22:04 Daerah

Bagikan

Pekanbaru, NU Online
Kantor Wilayah Kementrian Agama Provinsi Riau awal tahun 2016 ini akan memulai pembangunan Madrasah Aliyah Kejuruan bidang Pertanian yang lokasinya dipilih di Kecamatan Rambah, Kabupaten Rokan Hulu.
<>
"Di Rokan hulu akan dibangun fisiknya dulu Madrasah Aliyah Pertanian. Persisnya di Kecamatan Rambah. Kita sudah minta masyarakat pemerintah kabupaten setempat sediakan lahan dan sudah ada," kata Kepala Kanwil Kemanag Riau, Tarmizi Tohor di Pekanbaru, Kamis.

Lebih lanjut dia mengatakan bahwa itu adalah program unggulan. Karena selama ini hanya ada madrasah umum dan tidak bersifat kejuruan. MA Pertanian ini diharapkan jadi percontohan dulu, baru setelah itu program kejuruan lain menyusul.

Dia mengaku optimistis dengan program ini karena secara nasional hanya lima provinsi yang mendapatkannya dari Kemenag RI. Dan Riau adalah salah satu dari lima itu dari 33 provinsi di Indonesia.

"Ini program nasional, anggaran dari pusat. Tapi nanti akan tetap ada kerjasama dengan pemerintah daerah. Tahun ini untuk fisik awal telah kita siapkan Rp2,5 miliar," jelasnya.

Dengan dimulainnya tahun ini, ia mengatakan bahwa pembangunan fisik saja perkiraan waktunya sekitar dua tahun. Oleh karena itu pihaknya masih belum akan menerima siswa hingga 2017.

"Kita siapkan dulu fasilitasnya, jadi belum terima siswa. Mungkin 2017 baru terima. Penerimaan siswa sampai hari ini sistemnya belum dibahas," ulasnya.

Terkait dukungan dari Kabupaten Rokan Hulu, dia yakin karena itu akan menjadi kebanggaan kabupaten. "Kalau Rokan Hulu tidak mau, daerah lain juga mau. Meskipun saat ini Rokan Hulu sedang proses transisi ke pemerintahan baru."

"Baik itu pemerintahan yang lama atau yang baru itu pasti mendukung," imbuhnya. (Antara/Mukafi Niam)