::: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) :::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id :::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::

Sekolah Aswaja Pelajar NU Brebes Tebarkan Kelembutan Beragama

Rabu, 03 Februari 2016 02:02 Daerah

Bagikan

Sekolah Aswaja Pelajar NU Brebes Tebarkan Kelembutan Beragama
Brebes, NU Online
Paham Ahlusunah wal Jamaah (Aswaja) di kalangan warga NU, perlu terus ditanamkan dan dipertahankan dalam kehidupan beragama di Indonesia. Pasalnya paham ini mampu menanamkan kelembutan dalam beragama dan membawa kemaslahatan umat tanpa kekerasan.

“Hidup beragama haruslah rahmatan lil alamin bermanfaat bagi seluruh alam. Bukan merusak apalagi membuat keonaran di muka bumi dengan menebar teror,” kata Ketua PCNU Brebes H Athoillah Syatori saat membuka Sekolah Aswaja di Pesantren Assalafiyah II Jalan MT Haryono Brebes, Selasa (2/2).

Dalam kegiatan yang digelar IPNU dan IPPNU Kabupaten Brebes itu, Athoillah menegaskan, dengan paham Aswaja, NU bisa memberikan manfaat bagi kemaslahatan umat. Di mana ada NU, pasti akan maju di bidang agama, pendidikan, sosial maupun ekonominya. Sehingga, gerak langkah NU dengan Islam yang rahmatan lil alamin dapat diterima di semua elemen masyarakat.

“Sudah saatnya kader IPNU IPPNU menjadikan Aswaja sebagai landasan berkehidupan sehari-hari,” tegas Athoillah.

Pelajar NU, kata Kang Atho, diharapkan bisa menjadi garda terdepan dalam mempertahankan paham Aswaja NU. Sebab, berbagai rongrongan telah datang secara nyata di hadapan kita. Tanda-tanda itu tampak jelas dengan munculnya gerakan-gerakan antishalawat, antimauludan, dan gerakan teror lainnya.

“Kita harus lawan dengan berpegung teguh pada paham Aswaja dan mensyiarkannya dalam kehidupan sehari-hari,” tandasnya.

Ketua IPNU Brebes Ferial Farkhan menjelaskan, Sekolah Aswaja diselenggarakan guna memberikan pemahaman lebih mendalam tentang ideologi Aswaja kepada pengurus dan para kader IPNU-IPPNU.

Kegiatan digelar selama dua diikuti oleh 40 peserta perwakilan pengurus cabang dan anak cabang IPNU-IPPNU di Brebes. Materi yang disampaikan pada sekolah ini mencakup pemahaman Aswaja dalam bidang sosial, ekonomi, pendidikan, dan politik serta penjabaran tentang Islam Nusantara.

Fery menambahkan, kegiatan ini diadakan sekaligus memperingati Hari Lahir (Harlah) Ke-90 NU, Harlah Ke-62 IPNU, Harlah Ke-61 IPPNU. Selain sekolah Aswaja, kegiatan lain yang akan digelar adalah pelatihan jurnalistik, diklat CBP-KPP, Kirab Panji IPNU-IPPNU dan tablig akbar. (Wasdiun/Alhafiz K)