::: NU Online memasuki hari lahir ke-14 pada 11 Juli 2017. Semoga tambah berkah! ::: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) :::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id :::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::

Happy Makesta Sebagai Ajang Kumpul Bareng Para Alumni

Rabu, 10 Februari 2016 16:51 Daerah

Bagikan

Happy Makesta Sebagai Ajang Kumpul Bareng Para Alumni
Ajibarang, NU Online
Ikatan Pelajar NU (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri NU (IPPNU) menggelar kegiatan Happy Makesta (Masa kesetiaan anggota) bersama Ranting dan Komisariat se-Anak Cabang Ajibarang di Gedung Muslimat Pandansari Ajibarang. Sabtu hingga Ahad, 7-8 Februari.

Acara tersebut diikuti oleh 215 peserta yang terdiri dari 13 Ranting dan 5 Komisariat SMP dan SMK di lingkungan Kec. Ajibarang. 

Materi Makesta diselingi dengan pentas seni dari panitia dan peserta yang berupa pentas hadrah, puisi, pantun dan lain-lain. Syarif salah satu panitia menuturkan, memang Makesta dibuat tema Happy Makesta agar para peserta dan panitia merasa gembira, dan tidak monoton pada materi.

Selanjutnya Ketua PC IPNU Banyumas, Sulistiyo H.S menyampaikan pesannya agar setelah mengikuti Makesta untuk istiqomah menjadi pengurus IPNU maupun IPPNU Ranting maupun Komisariat di lingkungan masing-masing.

Ada yang istimewa pada Makesta dengan materi Kepemimpinan karena diisi oleh narasumber dari para alumni Pengurus IPNU-IPPNU PAC Ajibarang periode 1992-1994 berupa talk show dengan narasumber Amin (alumni Pengurus PAC) yang aktif sebagai di salah satu wartawan harian surat kabar.

Para alumnus juga memberi pesan-pesannya. Slamet yang menjadi anggota DPRD mengungkapkan. “Organisasi sebagai wadah untuk mengembangkan diri, dengan IPNU-IPPNU kita semua yakin akan dapat menjalani hidup dengan posisi apapun,” katanya.

Mantan Ketua PAC IPPNU Ibu Awal, guru SMK di Ajibarang menyampaiaknnya motivasi berupa kutipan Hadits dari Abdullah bin Umar ra. Bahwasanya Rasulullah saw bersabda: “Setiap kamu adalah pemimpin yang akan dimintai pertanggungjawaban atas kepemimpinannya. Seorang amir yang mengurus keadaan rakyat adalah pemimpin. Ia akan dimintai pertanggungjawaban tentang rakyatnya. Seorang laki-laki adalah pemimpin terhadap keluarganya di rumahnya. Seorang wanita adalah pemimpin atas rumah suaminya. Ia akan diminta pertanggungjawaban tentang hal mereka itu. Seorang hamba adalah pemimpin terhadap harta benda tuannya, ia kan diminta pertanggungjawaban tentang harta tuannya. Ketahuilah, kamu semua adalah pemimpin dan semua akan diminta pertanggung jawaban tentang kepemimpinannya.”

Sedangkan Anwar yang kini sebagai pengusaha berpesan agar para peserta Makesta untuk mengidupi IPNU maupun IPPNU jangan mencari pengidupan di organisasi. Insyaallah rezeki akan mengalir jika mau berkorban untuk NU.

Para alumni yang lain hadir untuk mengisi selingan materi dengan musik akustik dan geguritan (puisi dalam bahasa Jawa /red) sebagai selingan talk show.

Materi Keorganisasian pada sore hari (ba’da Ashar) diisi oleh PC IPPNU Kab. Banyumas. Sedangkan Materi ke IPNU dan IPPNUan diisi oleh PC IPNU Banyumas dilanjutkan dengan renungan pada dini harinya dengan maksud agar para peserta Makesta dapat memanfaatkan waktu luangnya untuk berorganisasi, kata Sekretaris PC IPNU Banyumas Azka Miftahudin. (Andi Priyatno/mukafi Niam)