::: NU menyelenggarakan rukyat awal Ramadhan 1438 H pada Jumat, 26 Mei 2017 di berbagai daerah di Indonesia  ::: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) :::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id :::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::

Mari Ulurkan Tangan untuk Penderita Tumor Ini

Kamis, 11 Februari 2016 07:03 Daerah

Bagikan

Mari Ulurkan Tangan untuk Penderita Tumor Ini
Way Kanan, NU Online
Penjabat Bupati Way Kanan Provinsi Lampung Albar Hasan Tanjung pada Musyawarah Besar Kelompok Kerja Wartawan (Mubes Pokjawan) V di Blambangan Umpu, Rabu (10/2) mengapresiasi kinerja insan pers sebagai ujung tombak informasi sehingga dirinya mengetahui warganya yang menderita penyakit tumor tulang rahang.

"Beberapa waktu lalu saya diajak wartawan ke rumah Tasrini di Kampung Panengahan Kecamatan Negeri Agung, itu penegasan tugas jurnalis memang penting," ujar Albar.

Tasrini (39), istri dari Samidi, buruh serabutan tanpa penghasilan tetap yang memiliki tiga anak, Agus Prastio kelas 1 SMPN Negeri Agung, Titin Indriani kelas IV SDN Panengahan dan yang bungsu Wahyu berusia 2,5 tahun, belum sekolah.

Ibu penderita tumor tulang rahang itu telah 8 kali berobat jalan, dan hanya 2 kali diberikan obat, yaitu pada pertama kali datang bulan Agustus 2015 dan terakhir kali pada 18 Januari 2016 lalu. Namun obat yang diberikan hanya ala kadarnya, yaitu vitamin B1, vitamin B6, vitamin B12 dan paracetamol yang bisa didapat dari bidan desa setempat.

"Tasrini butuh bantuan kita semua untuk mengobatinya, seluruh komponen anak bangsa seperti Pokjawan, Persatuan Wartawan Indonesia juga GP Ansor perlu terlibat," kata Albar saat membuka acara empat tahunan Pokjawan itu lagi.

Berkaitan dengan pengobatan Tasrini, anggota Pokjawan Dian Firasta menyampaikan uneg-unegnya melalui akun facebooknya ditujukan kepada Kepala Dinas Kesehatan setempat Farida Aryani.

"Kepala Puskesmas Negeri Agung hanya mampu menyedikan bensin dan sopir. Untuk penyeberangan ke Jakarta dan biaya hidup sopir ditanggung oleh pasien. Kenapa saat kunjungan Pj Bupati Albar Hasan Tanjung dan Kepala Dinas Kesehatan ibu di rumah Tasrini dirinya berjanji menyanggupi dan menggratiskan untuk mengantar Tasrini ke rumah sakit di manapun hendak dituju?" ujar Dian.

PC GP Ansor Way Kanan terpanggil menggalang dana sosial untuk Tasrini melalui kitabisa.com, website untuk menggalang dana (fundraising) secara online. Calon dermawan bisa mengunjungi link https://kitabisa.com/tumortulangrahang# sebagai bahan pertimbangan untuk membantu ibu yang masih mengurus tiga anaknya dalam kondisi sakit itu.

Hingga saat ini, penggalangan dana terkumpul dilakukan PC GP Ansor telah mencapai Rp4.932.543 dari target Rp100 juta untuk 19 hari kedepan. (Syuhud Tsaqafi/Abdullah Alawi)