::: Inna lillahi wa inna ilaihi raji'un... Sekretaris Jenderal PBNU periode 1999-2004 H. Muhyiddin Arubusman meninggal dunia di Rumah Sakit Tebet, Jakarta pada Senin malam (10/4)::: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) :::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id :::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::

Bersama Lakpesdam NU, Kemnaker Serahkan Bantuan untuk 400 Nelayan Batang

Sabtu, 13 Februari 2016 20:05 Daerah

Bagikan

Bersama Lakpesdam NU, Kemnaker Serahkan Bantuan untuk 400 Nelayan Batang
Batang, NU Online
Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) memberikan bantuan untuk 400 orang nelayan di Kabupaten Batang, Jumat (12/2). Bekerja sama dengan Dinas Kelautan dan Perikanan dan Lakpesdam NU Batang, Dinsosnakertrans menyerahkan bantuan berupa sarana dan peralatan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3).

Menurut Kepala Dinsosnakertrans Sugiyatmo, perhatian Kemnaker untuk masyarakat nelayan melalui sosialisasi dan pemberian bantuan peralatan K3 diharapkan memperkuat program-program pemberdayaan nelayan sehingga keinginan menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia dapat terwujud, terutama pada nelayan di Batang.

Kepala Dislutkan Batang Taufiq menambhakan, untuk program-program pemberdayaan nelayan dan menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia, nelayan perlu dilengkapi peralatan keselamatan kerja agar nelayan terus meningkatkan kesadaran budaya K3.

Menteri Tenaga Kerja Hanif Dhakiri sebagaimana disampaikan dalam sambutan Dirjen Bina Pengawasan Ketenagakerjaan dan Keselamatan dan Kesehatan Kerja berharap, dengan bantuan peralatan K3 ini kesadaran akan budaya K3 di kalangan nelayan semakin baik.

Pada tahun 2015 lalu, Kemnaker juga membagikan lebih dari 10.000 peralatan keselamatan kerja untuk nelayan khusus di Cilacap dan memberikan fasilitas untuk 5.000 orang nelayan dalam kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan.

Ketua Lakpesdam NU Batang M Arif Rahman Hakim berharap peran semua pihak dapat meningkatkan kerja sama, koordinasi dan membangun kolaborasi yang sinergis untuk mengatasi semua permasalahan keselamatan dan kesehatan kerja khususnya bagi nelayan di Kabupaten Batang.

“Budaya K3 perlu dikembangkan secara terus-menerus karena telah terbukti bahwa tingkat penerapan K3 suatu negara sangat memengaruhi produktivitas dan daya saing nasional secara keseluruhan,” kata Arif. (Red Alhafiz K)