Innalillahi wa inna ilaihi rajiun, Hj Fatimah, ibunda Ketua PBNU H Imam Aziz, wafat Jumat (24/2) pukul 17.15 WIB di Pati, Jawa Tengah ::: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) :::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id :::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::

Ansor Jombang Fasilitasi Pelajar Masuk PTN Ternama

Rabu, 24 Februari 2016 09:30 Daerah

Bagikan

Ansor Jombang Fasilitasi Pelajar Masuk PTN Ternama
Jombang, NU Online
Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kabupaten Jombang, Jawa Timur sejak bulan Februari ini telah membuka pendaftaran program Bimbingan Belajar Pasca Ujian Nasional (BPUN) 2016 untuk para siswa. Peserta program ini biasa diistilahkan dengan “santri kilat” (sanlat) sukses masuk perguruan tinggi negeri ternama di Indonesia.

Beberapa perguruan tinggi negeri tersebut di antaranya Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta, Universitas Indonesia (UI) Depok, Institut Teknologi Bandung (ITB) Bandung, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, dan perguruan tinggi negeri lainnya yang sudah menjadi target penyelenggara.

PC GP Ansor Jombang menggelar program ini setiap tahun sekali, hingga selama ini tak sedikit mahasiswa melalui program rutin itu tak sedikit mahasiswa tersebar luas ke berbagai perguruan tinggi negeri ternama.

Sementara itu, untuk cara mendaftarnya dilakukan melalui via online di alamat http://mataair.or.id sampai batas waktu yang telah ditentukan, (30 Maret) mendatang. Menurut laporan panitia penyelenggara, sampai saat ini beberapa siswa sudah mulai mendaftarkan diri. Tidak hanya untuk pelajar asal Jombang, seperti pada tahun-tahun sebelumnya dari luar daerah Jombang juga turut mengikuti program ini.

“Tiga cara dalam pendaftaran ini. Satu daftar via online http://mataair.or.id pada menu pendaftaran BPUN 2016 kemudian pilih menu kota dan klik kolom daftar di kolom Kota/Kabupaten Jombang. Isi formulir yang tersedia secara online. Ke dua cetak email balasan sebagai bukti pendaftaran dan yang ke tiga setelah mendaftar wajib hubungi panitia di nomor 08155031245 atau 081359155887,” kata H Zulfikar Damam Ikhwanto, Ketua PC GP Ansor Jombang kepada NU Online saat dihubungi, Senin (22/2).

Sedangkan untuk kuota peserta dan sistem dalam program ini, Ketua PC GP Ansor Jombang menjelaskan akan diambil 60 peserta dari semua jumlah peserta melalui hasil seleksi. Dan hal ini hanya untuk dua jurusan, yaitu 30 dari Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan 30 peserta dari jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). “Seleksi peserta pada tanggal 3 April, untuk tempat disesuaikan panitia daerah,” ujarnya.

Gus Antok, demikian ia disapa, menambahkan, pelaksanaan BPUN akan dimulai dari tanggal 23 April–25 Mei 2016 mendatang di tempat yang disesuaikan panitia daerah. sementara untuk fasilitas peserta di antaranya tryout SBMPTN 2016, modul terpadu, waktu pembelajaran 5hari atau setiap minggu, gratis biaya bimbingan belajar, konsultasi akademik, movation training, capacity building dan uotbond. (Syamsul Arifin/Mahbib)