::: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) :::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id :::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::

PCNU Pringsewu Sampaikan Pemahaman Gerhana dan Ibadahnya

Selasa, 01 Maret 2016 16:02 Daerah

Bagikan

PCNU Pringsewu Sampaikan Pemahaman Gerhana dan Ibadahnya
ilustrasi gerhana
Pringsewu, NU Online
Menindaklanjuti Pengumuman dari Lembaga Falakiyah PBNU Nomor 007/LF-PBNU/II/2016 tentang Gerhana Matahari Total yang akan terjadi pada tanggal 9 Maret 2016 atau 29 Jumadil Ula 1437 H, PCNU Kabupaten Pringsewu segera berkoordinasi untuk melaksanakan beberapa kegiatan menghadapi tanda-tanda kebesaran Allah SWT yang jarang sekali terjadi tersebut.

Katib Syuriyah PCNU Kabupaten Pringsewu Ustadz Munawwir mengatakan bahwa fenomena alam langka tersebut akan menjadi momen untuk melakukan kegiatan falakiyah di Kabupaten Pringsewu. "Kami akan memberikan penjelasan tentang apa itu gerhana matahari kepada warga NU sekaligus menjelaskan serta mempraktikkan rangkaian ibadah seperti shalat yang bisa dilakukan saat Gerhana terjadi," jelasnya, Senin (29/2).

Kegiatan tersebut lanjutnya akan dilaksanakan pada Ahad (6/3/2016) mendatang di gedung NU dengan 2 orang nara sumber dari Lembaga Falakiyyah dan Bahtsul Masail PCNU Pringsewu. "Kegiatan tersebut akan dibarengkan dengan Kegiatan Ngaji Ahad Pagi atau Jihad Pagi dengan mengundang seluruh Pengurus NU disemua tingkatan," katanya.

Gus Nawir, panggil akrabnya, kegiatan tersebut akan menfokuskan kepada praktek Ilmu Falak dan Praktik Shalat Gerhana matahari. "Fenomena Gerhana Matahari jarang sekali terjadi sehingga praktik ibadah seperti shalat Gerhana pun jarang dilakukan. Oleh karena itu kita ingin mengingatkan kembali tata cara shalat Gerhana sesuai dengan syariat," ujarnya.

Nantinya pada saat Gerhana Matahari terjadi yang diperkirakan mulai pukul 06.20 WIB dan berakhir pada pukul 08.34 WIB akan dilaksanakan shalat Gerhana Matahari secara berjamaah di Komplek Gedung NU Pringsewu yang berlokasi di Jalan Lintas Barat Kabupaten Pringsewu. 

"Dalam kesempatan tersebut juga akan disampaikan Khutbah Shalat Gerhana sebagai sarana muhasabah dan tafakkur atas kuasa Allah SWT berupa tertutupnya Matahari oleh bulan sehingga mengakibatkan sebagian bumi akan gelap diwaktu siang hari," jelasnya.

Disamping dilaksanakan di komplek Gedung NU, PCNU Pringsewu juga akan menyampaikan himbauan kepada seluruh Pengurus ditingkat MWC dan Ranting sekaligus warga NU untuk menggelar kegiatan serupa didaerah masing masing. (Muhammad Faizin/Fathoni)