::: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) :::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id :::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::

Rangkul 3.003 Pengguna KB, Muslimat NU Brebes Raih Juara 1 Se-Jateng

Senin, 21 Maret 2016 22:01 Daerah

Bagikan

Brebes, NU Online
Aktivis Muslimat NU Brebes dalam tiga bulan berhasil menggaet 3.003 warga baru pendukung Keluarga Berencana (KB). Atas jerih payah ini, Muslimat NU Brebes dinobatkan sebagai juara 1 tingkat Jawa Tengah dalam Lomba Pencapaian Jumlah Akseptor Terbanyak dengan Pelayanan Terbaik 2016.

Lomba yang digelar dalam rangka bakti sosial KB memperingati Hari Lahir (Harlah) ke-70 Muslimat NU, juga menempatkan Muslimat NU Banyumas sebagai juara 2 dan juara 3 diraih Muslimat NU Cilacap.

Hadiah diserahkan Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (BP3AKB) Provinsi Jawa Tengah Sri Kusuma Astuti. Hadiah berupa piala, piagam, dan uang pembinaan sebesar Rp 10 juta diserahkan pada peringatan Harlah Ke-70 Muslimat NU di Pendopo Pengayoman Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, Ahad (20/3).

Ketua Muslimat NU Brebes Dra Hj Chulasoh menjelaskan, Muslimat NU Brebes berhasil memotivasi dan menggerakan pelayanan KB di 17 kecamatan se-Kabupaten Brebes. Muslimat NU kini memiliki 60 motivator yang telah mendapat pelatihan dan terus mengabdikan diri untuk turut mensukseskan program KB dan telah dibekali perangkat gatget yang canggih.

“Pelayanan KB merupakan bentuk kepedulian Muslimat NU kepada warganya dalam upaya membentuk keluarga yang berkualitas,” ujar Hj Chulasoh.

Dalam rentang Januari hingga 10 Maret 2016, para kader Muslimat NU Brebes telah berhasil merangkul 3.003 akseptor. Masing-masing untuk kontrasepsi IUD sebanyak 553 orang. MOP 7, MOW 106, dan Implant 2337.

Menurut Hj Chulasoh, kepedulian Muslimat NU dalam program KB bertujuan agar jangan sampai perempuan Brebes meninggalkan keturunan yang lemah. “Alhamdulillah, Muslimat NU Brebes selama tiga tahun terakhir ini menjadi yang terbaik se-Jawa Tengah,” ungkapnya.

Atas keberhasilan itu, Ketua Muslimat NU Brebes langsung melaporkannya kepada Bupati Brebes Hj Idza Priyanti di Pendopo Bupati, Senin (21/3). Bupati mengucapkan selamat dan mengaku sangat bangga dengan kiprah Muslimat NU Brebes yang telah menorehkan prestasi di tingkat Provinsi Jawa Tengah.

Langkah Muslimat NU sangat tepat dalam menggaet akseptor karena program KB di Brebes harus sukses. Mengingat Kabupaten Brebes memiliki jumlah penduduk yang terbanyak se-Jawa Tengah.

Kepala Badan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan (BKBPP) Kabupaten Brebes H Khambali melalui Kabid Pemberdayaan Perempuan dan Kualitas Hidup Perempuan (PP dan KHP) Hj Farikha menjelaskan, penanganan pelayanan KB tidak hanya menjadi tugas BKBPP, tetapi menjadi tugas dan tanggung jawab bersama.

“Kami menjalin kerja sama dalam pelayanan maupun promosi dengan semua pihak termasuk Muslimat NU,” tuturnya.

Farikha merasa terbantu atas aktivitas Muslimat NU yang telah menjalin kerja sama sejak tahun 2007. Apalagi jumlah penyuluh KB di Brebes masih sangat terbatas. “Mudah-mudahan kerja sama ini bisa terus dijalin dengan baik,” tambahnya. (Wasdiun/Alhafiz K)