::: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) ::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id ::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::

PBNU Siapkan Duta Dai ke Eropa

Rabu, 13 April 2016 06:00 Nasional

Bagikan

PBNU Siapkan Duta Dai ke Eropa
Bogor, NU Online
Sebanyak 20 dai muda mengikuti seleksi "Dai Ambassador" yang diselenggarakan Lembaga Dakwah NU. Kegiatan yang dihelat di Wisma Flora, Bogor, Jawa Barat selama 3 hari (12-14/4) ini bertujuan untuk mendapatkan kandidat dai yang akan dikirim berdakwah ke luar negeri.

Menurut Wakil Sekretaris Divisi Diklat dan Pengkaderan LDNU, KH Wahfiudin Sakam, peserta yang mendaftar untuk ikut program ini sebanyak 64 dai. "Setelah seleksi administrasi, terpilih 20 kandidat terbaik untuk mengikuti seleksi tahap selanjutnya  yang saat ini sedang berlangsung. Mereka dari berbagai daerah seperti Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatera Selatan, Sulawesi Selatan, Kalimantan Timur, dll," ungkapnya.

Wakil Ketua Komisi Pendidikan dan Kaderisasi MUI Pusat ini menambahkan, jika seleksi dilakukan dalam bentuk pelatihan agar lebih mengenal karakter dan potensi peserta. "Kandidat yang terpilih akan ditempatkan di Eropa dan Hongkong sepanjang bulan ramadhan tahun ini," katanya.

Sementara itu Sekjen LDNU, KH Nurul Yaqin Ishaq dalam sambutannya mengungkapkan jika program Dai Ambassador sangat strategis dalam pengembangan dakwah ASWAJA (Ahlus Sunnah Wal Jama'ah). Menurutnya, ada dua manfaat besar yang bisa diperoleh dari program ini. Pertama, kader-kader dakwah semakin termotivasi untuk mengembangkan kompetensi dan kapasitas diri. Misalnya dalam penguasaan kutub al-turats (kitab kuning), bahasa asing serta wawasan global.

"Yang kedua, program ini bisa menjadi momentum untuk menyebarkan prinsip-prinsip dakwah Nahdlatul Ulama. Almusawa (kesetaràan), al-ikho' (persaudaraan), al'adalah (keadilan), al-tasamuh (toleran), al-tawasuth (moderat, middle way position) adalah nilai-nilai yang dijunjung tinggi Nahdlatul Ulama," tutupnya. (Idn/Zunus)