::: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) ::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id ::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::

Politik Sehat Menghasilkan Pemimpin yang Sehat

Kamis, 28 April 2016 14:01 Daerah

Bagikan

Politik Sehat Menghasilkan Pemimpin yang Sehat
Wakil Ketua PCNU Pringsewu H Hambali
Pringsewu, NU Online
Politik Sehat Akan Menghasilkan Pemimpin yang Sehat. Demikian dikatakan Wakil Ketua PCNU Pringsewu H Hambali saat ditemui disela sela kesibukan harian dikediamannya, Rabu (28/4).

Pernyataan ini terkait dengan akan digelarnya Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati pada Februari 2017 di Kabupaten Pringsewu. Suasana perpolitikan dalam rangka menghantarkan menuju Kursi Bupati dan wakil sudah mulai menghangat. Berbagai macam cara dan strategi dilakukan oleh para calon dan tim suksesnya untuk memuluskan langkah menuju kemenangan.

Terkait hal ini H Hambali berharap strategi dan cara yang dilakukan haruslah sesuai norma dan peraturan yang ada. Jangan sampai terjadi kecurangan seperti black Campaign (Kampanye Gelap) ataupun Money Politic (Politik Uang).

"Agar Pemilukada terhindar dari kecurangan dan politik uang KPU dan BAWASLU harus bekerja semaksimal mungkin untuk memberikan kesadaran berpolitik sehat kepada masyarakat dan khususnya kepada para calon Bupati dan Wakil yang berkompetisi," anjurnya.

Yang tak kalah penting menurutnya adalah pengawasan yang ketat kepada para Tim sukses yang secara teknis melakukan kegiatan lapangan dalam mensukseskan calonnya masing masing. Jika terjadi kecurangan haruslah diproses dengan tuntas dan tegas dengan berdasar peraturan yang ada.

"Jika ada calon yang melakukan politik uang pada warga maka harus ditindak dengan tegas. Dan jika sudah benar benar melanggar peraturan calon yang melanggar tersebut harus di anulir sebagai bentuk komitmen ketegasan, pendidikan politik dan memberi efek jera agar hal serupa tidak terulang kembali," tegasnya.

Dengan kesadaran dari semua pihak dengan berpolitik secara sehat, Ia yakin akan muncul sosok yang sehat untuk melanjutkan Pembangunan Kabupaten Pringsewu 5 tahun kedepan. (Muhammad Faizin/Fathoni)