::: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) ::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id ::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::

Pergunu Sumsel Bekali Guru melalui Pelatihan dan Beasiswa

Kamis, 30 Juni 2016 08:24 Daerah

Bagikan

Pergunu Sumsel Bekali Guru melalui Pelatihan dan Beasiswa
Palembang, NU Online
Kabar gembira bagi warga Nahdhatul Ulama di Sumatera Selatan yang berprofesi sebagai guru. Kini, telah terbentuk Persatuan Guru Nahdhatul Ulama (Pergunu) di wilayah setempat. Salah satu badan otonom (banom) NU ini diharapkan menjadi wadah Nahdliyin untuk mengabdi lebih luas lagi ke masyarakat.

"Pergunu ini mewadai orang NU yang berprofesi guru, baik di lingkungan Dinas Pendididikan dan Kemenag. Mulai dari tingkatan RA/TK, MI/SD, MTS/SMP, SMA/MA dan sampai perguruan tinggi, negeri maupun swasta," kata ketua Pergunu Sumsel H Ahmad Zainuri saat ditemui di UIN Raden Fatah Palembang, Rabu (29/6)

Zainuri menjelaskan, Pergunu ini merupakan banom NU yang berbasis profesi. Program kerja utamanya adalah memfasilitasi para guru NU untuk menjalankan profesinya dengan benar. "Terutama mengajarkan ke-NU-an kepada generasi, baik di madrasah maupun di lingkungan masyarakat sekitar, bisa saja guru ngaji di majelis taklim," papar Zainuri.

Ia menjelaskan, untuk mencapai tujuan tersebut pihaknya bakal menggelar pelatihan kepada guru, dan turun langsung memberikan bimbingan untuk kenaikan pangkat golongan, pembuatan karya ilmiah dan lainnya. "Tidak hanya kita yang mengadakan pelatihan, tapi kita siap diminta turun jika diinginkan," tuturnya.

Selain itu, lanjut mantan kepala sekolah MAN 3 Palembang ini, meningkatkan kualitas guru pihaknya bakal menyalurkan beasiswa. Bahkan secara khusus telah memiliki jatah 3 beasiswa menjadi guru, untuk kuliah S1 sampai S3 tanpa jeda.

"Tahun ini sudah kami kirim 3 orang, 2 di antaranya melalui wawancara dari Ponpes Sabilul Hasanah dan keturunan Ki Marogan meliputi beasiswa asrama, kuliah dan makan. Sementara transportasi biaya sendiri," ungkapnya.

Masih menurut Zainuri, saat ini pengurus sedang menyiapkan pelantikan pasca keluarnya SK dari pusat. Rencananya, pelantikan digelar bulan September nanti, berbarengan dengan pengurus kabupaten/kota. "Pelantikan nanti di kota Palembang, mengenai tempat masih dirapatkan rencananya akan audiensi terlebih dahulu dengan Pemprov Sumsel," pungkasnya. (Abdul Malik Syafei/Mahbib)