::: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) ::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id ::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::

Rektor UNU Sumbar Dikukuhkan, Siap Terima Mahasiswa Baru

Jumat, 05 Agustus 2016 21:00 Nasional

Bagikan

Rektor UNU Sumbar Dikukuhkan, Siap Terima Mahasiswa Baru
Padang, NU Online
Nahdlatul Ulama di Sumatera Barat semakin menampakan khitmahnya kepada pembangunan masyarakat. Hal ini terlihat dengan telah berdirinya Universitas Nahdlatul Ulama Sumatera Barat (UNU Sumbar) yang ditandai dengan pelantikan rektor.

“Alhamdulillah Rektor UNU Sumbar DR. Ir. H Rudi Kusuma, MP dapat dilantik. Ini merupakan rahmat yang luar biasa bagi NU dan bangsa Indonesia,” ungkap Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siroj sesaat setelah pelantikan, Jumat (5/8).

Kang Said, panggilan akrab Ketum PBNU, menegaskan bahwa ke depan tantangan kehidupan global semakin luar biasa dan harus dihadapi dengan penyiapan sumber daya manusia yang berkualitas tidak hanya dari aspek keilmuannya tetapi juga keimanan dan keislamannya. Menurutnya, NU terus mengalami perkembangan. Kang Said mengaku telah melantik 28 rektor perguruan tinggi NU se-Indonesia.

Kepada Rektor UNU Sumbar Rudi Kusuma, Kang Said berpesan agar ikhlas dan serius dalam bekerja karena di NU tempat mengabdi. Usai dilantik Rudi Kusuma menyatakan siap mengemban amanah dan bekerja keras dan ikhlas untuk membesarkan universitas NU satu-satunya di Sumatera Barat itu.

“Karena memang dari awal UNU digerakkan dengan kebersamaan dan swadaya sahabat-sahabat di NU Sumbar,” kata mantan Dekan Fakultas  Pertanian Universitas Taman Siswa (Tamsis) ini.

Rudi bertekad bekerja sesuai arahan PBNU. Dalam waktu dekat, pihaknya akan menyiapkan perangkat di jajaran kampus guna menunjang berjalannya UNU Sumbar lebih baik. Doktor alumnus Universitas Malaya Malaysia ini menambahkan, untuk penerimaan mahasiswa baru tahun ini UNU Sumbar memberi peluang kepada seluruh masyarakat termasuk alumni pesantren, warga NU dan masyarakat yang kurang mampu.

“Kita memberi kemudahan dalam membayar biaya kuliah, biaya kuliah cukup bersaing Rp. 1.500.000 sudah bisa kuliah di universitas. Apalagi (juga) memberi kemudahan bisa mencicil bagi yang kurang dana, termasuk membebaskan uang pendaftaran,” paparnya.

Menurut Rudi, pemuda-pemudi NU memang banyak yang ada berada di nagari dan pedesaan. Karenanya, “Kehadiran UNU Sumbar harus pro kepada masyarakat di pedesaan,” kata pria asal Solok ini. UNU Sumbar membuka pendaftaran sampai akhir September 2016, dan bisa dilakukan secara online melalui website www.unusumbar.ac.id. (Afriendi Sikumbang/Mahbib)