::: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) :::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id :::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::

PCINU Sudan Bahas Islam Nusantara dari Perspektif Filsafat

Kamis, 01 Desember 2016 00:03 Internasional

Bagikan

PCINU Sudan Bahas Islam Nusantara dari Perspektif Filsafat
Khartoum, NU Online
Lakpesdam PCINU Sudan menggelar seminar nasional bertema Islam  Nusantara Perspektif Filsafat Ilmu  yang diadakan di Aula Darul mushaf, Khartoum, Sudan, Sabtu (26/11). Acara ini diselenggarakan untuk memperingati hari filsafat sedunia.

Seminar ini sekaligus menutup kelas filsafat yang sebelumnya telah diadakan selama 12 pertemuan dalam tiga bulan. Hadir sebagai narasumber Ketua PPI Sudan Saleh Al-Djufri, Rais Syuriyah PCINU Sudan Ribut Nur Huda, Mahasiswa Doktoral Universitas Quran Karim Abdul Basith, mahasiswa pascasarjana Universitas Omdurman Ahmad Lukman Fahmi, dan Mustasyar PCINU Sudan Sidik Ismanto.

Forum ini dimoderatori mahasiswa pascasarjana Universitas Ma’had Dauli Munib Azhari. Seminar berjalan  dengan lancar. Peserta yang terdiri atas para mahasiswa yang ingin mendalami ilmu filsafat tampak antusias.

“Acara ini merupakan even yang langka di Sudan. Karena di sela-sela kesibukan kuliah dan belajar kitab, kita bisa meluangkan waktu sejenak untuk belajar filsafat yang baik dan benar bersama para guru-guru yang ilmunya mumpuni dalam bidangnya,” kata Ketua Lakpesdam PCINU Sudan Abdul Muiz yang juga ketua panitia acara.

Para narasumber memaparkan presentasinya dengan jelas mulai dari sejarah berkembangnya agama Islam di dunia hingga merambah ke Nusantara, dakwah Walisanga, sampai pemahaman Islam Nusantara ditinjau dari berbagai sisi.

Acara ditutup dengan pemberian penghargaan kepada para narasumber dan juga sertifikat bagi para mahasiswa yang aktif mengikuti program sekolah filsafat. (Fendy/Alhafiz K)