::: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) ::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id ::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::

Dakwah NU Memotivasi Bukan Memarahi

Rabu, 01 Februari 2017 15:00 Daerah

Bagikan

Dakwah NU Memotivasi Bukan Memarahi
Probolinggo, NU Online
Mustasyar PCNU Kota Kraksaan H. Hasan Aminuddin menyampaikan bahwa model dakwah yang disampaikan NU tidak sama dengan yang lain. Karena dakwah NU itu adalah memberikan motivasi dan bukan memarahi.

Hal tersebut disampaikan oleh H Hasan Aminuddin dalam pelantikan pengurus Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kecamatan Kraksaan masa khidmat 2016-2018 di GOR Sasana Krida Kota Kraksaan, Selasa (31/1) malam.

“Model dakwah NU mengedepankan sebuah toleransi. Artinya, yang sudah beda jangan dipaksa untuk sama. Begitu juga sebaliknya, yang sudah sama jangan dicari agar bisa berbeda,” katanya.

Menurut Hasan, GP Ansor ini adalah salah satu badan otonom (banom) NU. Dimana GP Ansor ini merupakan forum pengkaderan pengurus sebelum menjadi pengurus maupun Ketua NU di tingkat cabang.

“Sehingga ketika nanti saatnya diberi amanah menjadi  pemimpin bukanlah seorang pemimpin yang prematur, tetapi pemimpin yang tangguh menghadapi segala tantangan,” jelasnya.

A’wan PWNU Jawa Timur ini menerangkan bahwa Banser dan Pagar Nusa merupakan benteng di depan dari para ulama NU. Selama sesuai dengan aqidah Ahlussunnah wal Jamaah (Aswaja) dan peraturan perundang-undangan di Indonesia, jangan takut kepada sesama manusia tapi hanya takut kepada Allah SWT.

“Saya bangga mempunyai Banser yang siap menjadi benteng ulama NU. Saya ingin memberikan akhlak dan etika agar nantinya tidak ikut terhanyut dan membuat malu. Jangan bangga dengan besarnya kalian, tapi harus bangga melihat kelebihan orang lain,” terangnya.

Dalam hal konteks keBhinnekaan jelas Hasan, Indonesia sedang diuji. Indonesia dihuni bukan orang Islam saja, tetapi beragam agamanya. Serta suku dan budaya yang beragam. NU tidak mengenal perbedaan, karena NU itu rahmatan lil alamin.

Pelantikan PAC GP Ansor Kecamatan Kraksaan ini dihadiri oleh Wakapolres Probolinggo Kompol Hendy Kurniawan, Kasdim 0820 Probolinggo Mayor Inf. Teguh Hery Wignyono, Habib Zainal Abidin dari Desa Klaseman Kecamatan Gending, sejumlah Kepala Perangkat Daerah, Forkopimka Kraksaan serta Kepala Desa dan Lurah se-Kecamatan Kraksaan. (Syamsul Akbar/Fathoni)