::: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) :::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id :::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::

Penuhi Keinginan Mbah Wahab, Tambakberas Segera Miliki Ma’had Aly

Kamis, 09 Februari 2017 19:03 Pesantren

Bagikan

Penuhi Keinginan Mbah Wahab, Tambakberas Segera Miliki Ma’had Aly
Gerbang Pondok Pesantren Bahrul Ulum
Jombang, NU Online
Dalam waktu dekat, Pesantren Tambakberas atau Pondok Pesantren Bahrul Ulum (PPBU) Tambakberas Jombang akan memiliki lembaga pendidikan baru, yakni Ma'had Aly. Diharapkan keberadaannya menjadi labuhan para santri yang ingin mendalami kitab kuning secara lebih intensif.

Kepastian tersebut disampaikan KH Irfan Sholeh saat sambutan pada al-Haflatul Kubro PPBU di lapangan Untung Suropati yang berada di utara pesantren setempat. "Bangunan tersebut akan menelan biaya sekitar 17 milyar," kata Ketua Umum Yayasan PPBU ini, Rabu (8/2).

Dalam rancangan yang telah disepakati, nantinya bangunan Ma'had Aly akan memiliki 4 lantai. "Lantai pertama digunakan untuk pertokoan," kata Kiai Irfan, sapaan akrabnya. Sedangkan lantai dua sebagai kampus utama yang menampung seluruh proses belajar mengajar di kampus tersebut, jelasnya.

"Sedangkan lantai tiga diisi dengan perkantoran," kata mantan anggota DPRD Jatim ini. Dan puncak dari bangunan yakni lantai empat akan digunakan sebagai gedung pertemuan. "Gedung di lantai empat tersebut dapat digunakan oleh masyarakat," terangnya.

Menurut Kiai Irfan, pendirian dari Ma'had Aly sebenarnya sebagai upaya merealisasikan keinginan sesepuh pesantren, almaghfurlah KH Abdul Wahab Chasbullah (Mbah Wahab) yang hingga kini belum terwujud. "Sehingga keberadaan Ma'had Aly itu demi mewujudkan keinginan Mbah Wahab," ungkapnya.

"Diharapkan keberadaan bangunan dan Ma'had Aly nantinya akan menjadi ikon baru dari Pondok Pesantren bahrul Ulum Tambakberas," terangnya. Dan karena dibangun dengan desain dan arsitek yang mumpuni, keberadaannya juga akan sangat representatif untuk menunjang kebutuhan gedung pesantren yang modern, lanjutnya.

Nantinya bangunan Ma'had Aly akan meniru gedung Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. "Diperkirakan dalam waktu empat tahun sudah bisa diresmikan," pungkasnya. (Ibnu Nawawi/Abdullah Alawi)