::: NU Online memasuki hari lahir ke-14 pada 11 Juli 2017. Semoga tambah berkah! ::: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) :::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id :::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::

Gus Dur Tak Jadi Beli Buku

Jumat, 17 Maret 2017 13:42 Humor

Bagikan

Gus Dur Tak Jadi Beli Buku
Tidak ada yang memungkiri kecerdasan KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur. Bahkan sering diceritakan meskipun dalam posisi tertidur dalam sebuah forum, tiba-tiba putra sulung KH Wahid Hasyim itu dapat menangkap seluruh isi pembicaraan yang ada dalam forum tersebut.

KH Ahmad Mutofa Bisri atau yang akrab disapa Gus Mus menceritakan, di antara kecerdasan dan kehebatan Gus Dur yang lain adalah kecepatannya membaca dan memhami isi buku.

Hal itu terjadi ketika Gus Mus menemani Gus Dur mengunjungi sebuah toko buku. Kedua sahabat ini ditemani putri pertama Gus Dur, Alissa Wahid.

Gus Mus mengisahkan, saat itu mata Gus Dur masih sehat. “Gus Dur bilang, mau membeli buku,” ujar Gus Mus.

Begitu sampai di toko, Gus Dur dengan seksama melihat-lihat buku di toko tersebut. Bila ada buku yang menurutnya menarik, Gus Dur langsung membukanya. Dia membaca lembar demi lembar dengan sangat cepat.

“Seperti tidak membaca saja,” kata Gus Mus.

Berbeda ketika Gus Dur melihat ada sesuatu yang menarik di dalam buku, ia membacanya sedikit lebih lama. Begitu dirasa cukup, Gus Dur meletakkannya kembali di tempat semula. 

Tiba-tiba, Gus Dur mengajak Gus Mus dan Alissa Wahid pulang. Hal ini mengherankan mereka berdua karena tujuan awal Gus Dur membeli buku.

“Lah Pak, enggak jadi beli buku, toh?” tanya Alissa Wahid.

“Aku sudah tahu isinya,” jawab Gus Dur spontan bikin Gus Mus dan Alissa terkesima.

(Fathoni)

Disarikan dari buku "Gus Dur dalam Obrolan Gus Mus" (2015) karya KH Husein Muhammad.