::: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) ::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id ::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::

‘Mlaku-mlaku’ Sarungan Meriahkan Harlah NU di Madiun

Senin, 24 April 2017 22:00 Daerah

Bagikan

‘Mlaku-mlaku’ Sarungan Meriahkan Harlah NU di Madiun
Madiun, NU Online
Sejak Ahad (23/4) pagi, masyarakat berbondong-bondog dan memadati alun-alun Kota Madiun. Sementara panitia, dengan dukungan anggota Banser, membantu mengatur area parkir, dan mempersiapkan segala hal menjelang dan selama kegiatan bertajuk “Mlaku-mlaku Sarungan (Jalan-jalan Memakai Sarung)” berlangsung. 

Dua bendera, yang satu dipegang Kepala Kantor Sekretaris Daerah Madiun, Maidi; dan satunya dalam genggaman Kepala Depag Kabupaten Madiun, KH Amir Solahudin. 

Begitu apa-apa dibunyikan oleh Ketua PCNU Madiun KH Agus Mustofa Izudin, dan kedua bendera dikibarkan oleh masing-masing pemegangnya, para perserta sontak bergerak menyusuri jalan-jalan di dalam kota Madiun. 

Sepanjang rute yang dilalui, masyarakat terlihat antusias menyaksikan barisan peserta “Mlaku-mlaku Sarungan”. Mereka juga terhibur oleh adanya atraksi barongsai santri dari Pesantren Al-Mujadadiyah Kota Madiun.  

Atraksi barongsai ini menandakan sebagai santri mereka tidak hanya belajar mengaji, namun juga belajar berkesenian. Barongsai santri juga menunjukkan adanya akulturasi budaya Indonesia dan Tionghoa. Tak ayal para penonton dibuat terpukau oleh adanya atraksi ini.

Tiba di tempat finish, para peserta memasukkan kupon doorprize. Sambil menunggu seluruh peserta kembali, mereka menikmati makan bersama yang disediakan secara gratis oleh panitia.

Tahun ini “Mlaku-mlaku Sarungan” memuncaki peringatan Harlah NU di Madiun. Kegiatan donor darah yang dilaksanakan atas kerjasama Pemerintah Kota Madiun dan LKNU Madiun juga digelar pada hari yang sama. 

Sebelumnya pada 12 April, diadakan kegiatan pendahuluan berupa gelar shalawat dan pengajian umum. Pada 15 April diadakan khotmil Quran dan istighotsah dengan menghadirkan 94 tumpeng menandai ulang tahun NU ke-94.

Ketua PCNU Madiun KH Agus Mustofa Izudin mengungkapkan peringatan Harlah NU ke-94 merupakan simbol eksistensi NU di Madiun.

“Dengan kegiatan Mlaku-mlaku Sarungan di mana peserta sarungan yang mencapai 3000 warga Nahdliyin di Madiun saat ini kita tidak usah ragu dan tidak perlu takut untuk mengakui keberadaan NU di Madiun,” tegasnya. (Kendi Setiawan/Fathoni)