::: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) :::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id :::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::

Polresta Depok Libatkan NU Pada Pendidikan Dakwah Puluhan Anggota Polisi

Jumat, 19 Mei 2017 22:03 Daerah

Bagikan

Polresta Depok Libatkan NU Pada Pendidikan Dakwah Puluhan Anggota Polisi
Depok, NU Online
Menjelang kedatangan Ramadhan, Polresta Depok  menggelar pelatihan dan pendidikan keislaman bagi anggota Bhabinkamtibmas sebagai dai Kamtibmas. Pendidikan yang diselenggarakan selama dua hari, Kamis-Jumat (18-19/5) diikuti oleh 81 peserta dari anggota Bhabinkamtibmas Polres Depok.

Kapolres Depok AKBP Herry Heryawan mengatakan, kegiatan ini terselenggara atas kerja sama Polresta Depok dan PCNU Kota Depok. Menurutnya, selain menjalankan tugas sebagai aparat yang melayani masyarakat, polisi diharapkan juga ada yang menjadi dai.

"Kita berharap dari pendidikan dan pelatihan ini para peserta memiliki kemampuan dan menjadi pendakwah atau dai. Nanti saat menjalankan tugas sehari-hari diharapkan juga bisa berdakwah," ujarnya di Mapolresta Depok, Jalan Margonda Raya, Jumat (19/5).

Ia menambahkan, polisi dalam bertugas dibekali dengan keterampilan dalam mengamankan situasi, perlu juga dibekali ilmu agama agar dapat berdakwah. Pasalnya, dalam menciptakan keamanan tidak harus dengan senjata atau kekerasan, tetapi perlu dengan dakwah pencerahan terhadap masyarakat.

Ketua PCNU Kota Depok KH R Salamun Adiningrat mengatakan, kegiatan ini merupakan lanjutan dari silaturahmi PCNU dan Kapolres. Hal ini merupakan bagian dari rencana PCNU melakukan silaturahmi ke Muspida.

"Kenapa Polres lebih dulu diadakan, karena polreslah yang pertama merespon rencana PCNU," katanya.

"Materi yang disampaikan berupa metode berdakwah, Islam rahmatan lil alamin, Aswaja, kebangsaan, dan lainnya. Sebagai pemateri dari Rais Syuriyah PCNU Depok KH Zainuddin Maksum Ali, KH Abdul Mujib, KH Hariruddin, KH Salamun, dan pengurus harian PCNU Depok lainnya. Selain medapatkan materi dan buku, peserta diajarkan juga praktik berdakwah. Kita berharap, ini sebagai pilot project dan bisa diikuti oleh kota dan kabupaten lain di Indonesia," harapnya. (Aan Humaidi/Alhafiz K)