::: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) ::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id ::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::

Potensi Zakat Bondowoso 6 Miliar Rupiah, Baru Terhimpun 20 Persen

Jumat, 16 Juni 2017 01:29 Daerah

Bagikan

Potensi Zakat Bondowoso 6 Miliar Rupiah, Baru Terhimpun 20 Persen
Bondowoso, NU online 
Ketua Badan Amal dan Zakat Nasional (Baznas) Kabuptan Bondowoso KH Salwa Arifin mengatakan, tahun ini hingga Juni, zakat yang terkumpul dari SKPD-SKPD, baik dari kabupaten maupun kecamatan, sebanyak 1, 2 miliar Rupiah.

Hal itu di sampaikan KH Salwa Arifin saat buka puasa bersama dengan 1018 anak yatim piatu di Pendopo Bupati Bondowoso, Jawa Timur, Rabu (14/06) sore.

Namun, menurutnya, jika dibandingkan dengan data pegawai negeri, apalagi pengusaha, jumlah itu masih jauh dari harapan. Jumlah tersebut masih baru sekitar 20 persen.

"Seandainya kita bisa ditingkatkan, mungkin insyaallah dana yang terkumpul tidak hanya sekadar ini. Insyaallah mencapai 6 miliar bisa tercapai," jelas Mustasyar PCNU Bondowoso tersebut.

Salwa berharap, Pemerintah Kabupaten Bondowoso dan para pimpinan SKPD mendorong untuk aktif berzakat.
  
Soal zakat, Bupati Bondowoso H Amin Said Husni mengakui, daerahnya mampu menghimpun lebih banyak lagi karena potensinya mencapai sekitar enam miliar. 

Karenanya, ia mengajak kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD), kepada seluruh camat, kepada para muzakki, untuk menunaikan zakat.

“Di dalam harta kita, ada sebagian yang merupakan hak orang lain. Hak yang ditentukan dalam Al-Qur’an sebagai para mustahik, yaitu orang yang berhak menerima zakat,” katanya. (Ade Nurwayudi/Abdullah Alawi)