::: Innalillahi wainna ilaihi raji'un, Pengasuh Pesantren Ihya Ulumaddin Kesugihan Cilacap KH Chasbullah Badawi wafat, Senin (5/6), sekitar pukul 19.00 WIB. PBNU menyerukan kepada Nahdliyin untuk menunaikan shalat ghaib. Al-Fatihah... ::: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) :::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id :::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::

Empat Bulan Dilantik, Pagar Nusa Magelang Terima Seribu Anggota

Selasa, 20 Juni 2017 02:03 Daerah

Bagikan

Empat Bulan Dilantik, Pagar Nusa Magelang Terima Seribu Anggota
Magelang, NU Online 
Sejak resmi dilantik Februari 2017 lalu, Pengurus Cabang Pencak Silat Nahdlatul Ulama (PSNU) Pagar Nusa Kabupaten Magelang terus menunjukkan eksistensinya. Hingga saat ini, tercatat lebih dari seribu orang anggota yang telah bergabung di sejumlah perguruan di bawah PSNU.

Ketua PSNU Pagar Nusa Kabupaten Magelang, Kiai Khamid Zen biasa disapa Gus Zen mengatakan, meski menjadi salah satu badan otonom NU, namun PSNU Pagar Nusa juga merupakan cabang olahraga dibawah Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI).

"Jadi selain mengikuti lomba-lomba dibawah KONI, atlet PSNU Pagar Nusa juga ikut dalam kejuaraan antarperguruan serta kejuaraan lainnya di bawah yayasan Maarif," jelasnya di sela baksos bagi takjil kepada pengguna jalan, di depan Masjid Agung Kauman Kota Magelang, Senin (19/6) sore.

PSNU Pagar Nusa, kata dia, tidak hanya bergerak dan menarik anggota dari jalur nonformal (umum) saja, namun juga dari jalur formal. Yakni melalui sekolah-sekolah, terutama sekolah di bawah yayasan Maarif.

"Ada sebanyak 17 titik atau sekolah yang sudah ada perguruan PSNU Pagar Nusa. Kita membuka pendaftaran untuk umum, bagi yang berminat bisa langsung ke perguruan atau padepokan terdekat, di tiap kecamatan ada koordinator," ujarnya.

Meski baru terbentuk pertama kali ini di Kabupaten Magelang, namun sambutan masyarakat terhadap PSNU Pagar Nusa sangat bagus. Hal itu dibuktikan dengan jumlah anggota yang terus bertambah dari waktu ke waktu.

"Hal ini tidak lepas dari usaha dan kerja keras semua pihak. Termasuk para perintis awal, seperti Gus Azis dari Grabag, Gus Jazim Salaman, H Toyib Bandongan, serta saya sendiri," imbuh Gus Zen.

Dengan keberadaan PSNU Pagar Nusa, lanjutnya, diharapkan dapat menjadi cabang olahraga beladiri yang siap mencetak atlit berakhlakul karimah.

Kepala Divisi Media dan Informasi PSNU Pagar Nusa, Nur Rohim menambahkan, baksos bagi takjil kemarin merupakan salah satu program yang baru pertama kali dilaksanakan.

"Untuk kali ini memang sengaja kita fokuskan di depan Masjid Agung Kauman Kota Magelang karena menjadi akses masyarakat dari berbagai penjuru. Semoga bisa kembali dilaksanakan tahun depan dan menjadi kegiatan rutin," katanya.

Usai melaksanakan baksos bagi takjil, puluhan anggota PSNU Pagar Nusa kemudian melakukan sholat Maghrib berjamaah. Dilanjutkan dengan bersilaturrahmi ke imam Masjid Agung Kauman, KH Miftahussurur. (Amb/Abdullah Alawi)