::: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) :::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id :::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::

Suu Kyi Tolak Undangan Sidang PBB soal Rohingya

Rabu, 13 September 2017 21:26 Internasional

Bagikan

Suu Kyi Tolak Undangan Sidang PBB soal Rohingya
Pemimpin nasional Myanmar, Aung San Suu Kyi (AP)
Yangon, NU Online
Pemimpin nasional Myanmar, Aung San Suu Kyi, mendapat kritikan keras dari dunia internasional terkait dengan krisis kemanusiaan yang menimpa etnis minoritas di negaranya. Data terakhir PBB menyebutkan bahwa 370.000 Muslim Rohingya telah mengungsi ke Bangladesh.

Meski demikian, Aung San Suu Kyi menolak memenuhi undangan menghadiri sidang Majelis Umum PBB yang akan digelar di New York. Informasi ini disampaikan seorang juru bicara partainya, Aung Shin, pada Rabu (13/9), seperti dilansir Reuters.

"Dia tidak pernah takut menghadapi kritik atau menghadapi masalah. Mungkin dia mendapat masalah yang lebih mendesak untuk ditangani di sini, " kata Aung Shin.

Dalam pidato pertamanya ke Majelis Umum PBB sebagai pemimpin nasional Myanmar pada September tahun lalu, Suu Kyi membela usaha pemerintahnya untuk menyelesaikan krisis tentang perlakuan terhadap minoritas Muslim.

Reuters melaporkan, reaksi keras pasukan keamanan Myanmar atas serangkaian serangan militan Rohingya pada 25 Agustus menjadi tantangan terbesar bagi Suu Kyi sejak menjadi pemimpin Myanmar tahun lalu.

Pihak militer Myanmar memiliki kekuatan politik penting dan memegang kendali penuh atas keamanan. Suu Kyi tidak berkutik berbicara soal ini. Dengan tangan besi, militer telah memerintah selama hampir 50 tahun hingga kemudian mengalami transisi menuju demokrasi pada 2011. (Red: Mahbib)