::: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) :::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id :::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::

Momentum Tahun Baru Harus Jadi Pendorong Perubahan

Sabtu, 23 September 2017 23:10 Daerah

Bagikan

Momentum Tahun Baru Harus Jadi Pendorong Perubahan
Jember, NU Online
Pergantian tahun baru Hijriyah, jangan hanya marak dalam rupa-rupa kegiatan seremonial keagamaan. Namun harus dipahami lebih dalam, yaitu sebagai pendorong bergeraknya perubahan ke arah yang lebih baik. Sebab, tanpa adanya perubahan, maka peringatan tahun baru Hijriyah, hanya riuh  di atas panggung namun esensinya nihil. 

Hal tersebut disampaikan Wakil Sekretaris PCNU Jember, Ustadz Moch. Eksan saat memberikan tausyiah dalam acara peringatan tahun baru 1439 H di masjid Siratul Jannah, Dusun Sumbersuko, Desa/Kecamatan Pakusari, Jember, Jawa Timur, Jumat (22/9) malam.

Menurutnya, peringatan pergantian tahun baru Islam, harus menjadi momentum untuk melakukan perubahan menjadi lebih baik.

"Tahun baru Hijriyah ini artinya tahun berpindah, bergerak, tahun perubahan, yaitu berubah, yang tidak baik menjadi baik, yang baik menjadi lebih baik," jelasnya.

Penulis sejumlah buku itu menambahkan, Islam adaah agama yang dinamis. Dalam arti selalu menghendaki adanya perubahan. Terbukti, katanya, dalam sebuah hadtis Nabi Muhammad mendorong terjadinya perubahan dari hari ke hari, tentu perubahan ke arah lebih baik. 

"Hijrah secara maknawi, ya itu hari ini harus lebih baik dari hari kemarin. Jika tidak kita termasuk orang yang merugi," lanjutnya. 

Dalam acara yang diselenggarakan oleh remaja masjid (Remas) Siratul Jannah tersebut, juga dilakukan penyerahan santunan untuk 20 anak yatim piatu. (Aryudi A. Razaq)