::: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) ::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id ::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::

Ini Rangkaian Kegiatan PCNU Berau-Kaltim di Bulan Muharram

Selasa, 03 Oktober 2017 13:30 Daerah

Bagikan

Ini Rangkaian Kegiatan PCNU Berau-Kaltim di Bulan Muharram
Berau, NU Online
Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Berau, Kalimantan Timur, melaksanakan rangkaian kegiatan di bulan Muharram 1439 H ini. Kegiatan dipusatkan di masjid yang diberi nama Masjid Aswaja Darussalam. Selain itu PCNU juga rutin menggelar gerakan shalat shubuh berjamaah keliling ke beberapa kecamatan.

Ahad (1/10) kemarin PCNU menyelenggarakan kegiatan santunan untuk 40 anak yatim, pengobatan gratis dan khitanan massal di Masjid Aswaja Darussalam yang berlokasi di Jalan Pulau Semama, Tanjung Redep.

Ketua PCNU Kabupaten Berau H Asrul Sani kepada NU Online, Senin (2/10) mengangatakan, kegiatan di Masjid Darussalam Ahad pagi itu dimulai setelah shalat shubuh berjamaah keliling yang tiba gilirannya di masjid itu.

Kegiatan tersebut bekerjasama dengan Majelis Taklim Aswaja Darussalam, LAZISNU, Tirta Medical Center dan SMK Al-Falah Queen Berau.

“Untuk santunan, anak-anak yatim mendapatkan dua amplop. Satu dari majelis taklim, satu lagi dari LAZISNU yang sudah kita persiapkan sebelumnya. Warga sangat antusias, bahkan setelah acara selesai, masih ada yang ingin memberikan santunan,” kata H Asrul Sani.

Sementara itu kegiatan khitanan massal merupakan kelanjutan dari kegiatan serupa yang dilaksanakan sebelumnya yang pesertanya cukup banyak sehingga tidak bisa tertampung semuanya. 

Untuk khitanan massal ini, PCNU mendapatkan bantuan dari Tirta Medical Center dokter umum, dokter intensif dan tim paramedis dan kebutuhan medis lainnya.

Kegiatan bakti sosial berupa pengobatan gratis thibbun nabawi dilaksanakan oleh tim ahli yang berasal dari PCNU sendiri.

Kegiatan lain dari PCNU Berau adalah kunjungan ke rumah-rumah warga sekitar yang sakit. “Bukan berapa nilainya barang yang kita bawa. Ini ajaran Nabi. Kita berdoa bersama di sana (di rumah warga yang sakit),” kata H Asrul Sani.

Kegiatan NU di daerah yang berbatasan dengan Negara Filipina ini cukup aktif dan intensif. Muslimat NU Berau saja mempunyai 23 Taman Kanak-kanak (TK) di pulau-pulau kecil. (Anam)