::: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) :::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id :::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::

Kabupaten Pasuruan Krisis Air Bersih, PMII Pasuruan Galang Bantuan

Ahad, 08 Oktober 2017 18:01 Daerah

Bagikan

Kabupaten Pasuruan Krisis Air Bersih, PMII Pasuruan Galang Bantuan
Pasuruan, NU Online
Puluhan mahasiswa melakukan aksi penggalangan dana untuk warga Lumbang Kabupaten Pasuruan yang mengalami krisis air (kekurangan air bersih). Aksi ini diinisiasi oleh Pengurus Komisariat PMII Merdeka Pasuruan ini bertepatan di Perempatan Semeru Kota Pasuruan.

“Ini adalah sedikit bentuk kepedulian kita kepada masyarakat semoga upaya yang kita lakukan ini dapat membantu krisis air bersih yang melanda Kecamatan Lumbang dan juga dapat dilihat oleh pemerintah dan dinas terkait bahwa ada warganya yang mengalami krisis air bersih," kata korlap aksi Andi Ariyanto.

Aksi ini dipicu oleh laporan dari masyarakat. Mereka langsung menyurvei lokasi kekeringan, yaitu Kecamatan Lumbang.

"Tepat sekali di sini ada beberapa desa yang mengalami kekurangan air bersih seperti Desa Lumbang, Cukurguling, Karangjati, Watulumbung dan Desa Jeladri, Semberejo di Kecamatan Winongan. Untuk saat ini hanya BPBD yang membantu tapi itupun tidak mampu mencakup seluruh warga,” ujar pengurus cabang PMII Pasuruan Khusnul.

Dari hasil turlap PC PMII, data yang diperoleh terdapat kekurangan air mencapai lebih kurang 11.548,796 Liter air di desa lumbang itu sudah termasuk hewan ternak dan unggas.

Krisis air yang terjadi saat ini dipicu beberapa penyebab, di antaranya musim kemarau yang berkepanjangan dan sumber air yang mulai menipis di daerah pegunungan.

"Ini bukan tentang nominal yang kita dapat dari aksi tersebut, tapi ini salah satu wujud implementasi dari Nilai Dasar Pergerakan PMII, yakni hablum minan nas,'' ujar Ketua Komisariat PMII Merdeka Pasuruan Wahyudi. (Inud Hasan/Alhafiz K)