::: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) :::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id :::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::

PMII Kota Mataram dan Coin Fondation Salurkan Air Bersih di Lombok Timur

Jumat, 13 Oktober 2017 13:04 Daerah

Bagikan

PMII Kota Mataram dan Coin Fondation Salurkan Air Bersih di Lombok Timur
(Copyright Solopos.com)
Mataram, NU Online
PMII Kota Mataram mengadakan kerja sama social dengan Coin Foundation. Kedua pihak turun ke Jrowaru, Lombok Timur untuk menyalurkan bantuan air bersih, Kamis (12/10). Sementara masyarakat terdampak krisis air bersih ini menyampaikan terima kasih atas bantuan tersebut.

"Kami sangat bersyukur dengan adanya bantuan dari adik-adik mahasiswa wabil khusus PMII Kota Mataram dan Coin Foundation. Semoga kegiatan adik-adik dicatat sebagai ibadah oleh Allah SWT," kata Inak Sahmin, salah seorang warga penerima bantuan air bersih.

Kegiatan berbagi air bersih kali ini menghabiskan 10 tangki dengan kapasitas 5.600 liter air per tangki. Mereka menurunkan bantuan di dua desa, Pemongkong dan Paremas Kecamatan Jrowaru Lombok Timur.

Memang kondisi setempat sangatlah memperihatinkan, air yang merupakan sumber utama dalam kehidupan amatlah kekurangan apalagi kegunaan air untuk kehidupan sehari-hari sangatlah banyak seperti buat mandi, buat berwudhu ketika shalat, buat cuci pakaian.

Mereka selama ini harus membeli air dengan harga yang lumayan tinggi bagi mereka yang tidak jelas penghasilannya. Satu tangki air dijual dengan harga 150 ribu dengan pemakaiannya yang  tidak lama sekira dua minggu. Air digunakan lebih banyak untuk masak, cuci, dan mandi.

"Kegiatan ini murni kami adakan karena bagi kami peduli sesama adalah keharusan dan insyaallah bernilai ibadah. Harapan saya semoga pemerintah setempat lebih memperhatikan apa yang dibutuhkan masyarakat khususnya masyarakat Jrowaru karena ini bukan persoalan biasa tapi ini masalah yang sangat serius karena air adalah sumber kehidupan," kata Sekretaris Umum PMII Kota Mataram Kusnadi.

Sebagai organisasi kemahasiswaan dan masyarakat Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia Kota Mataram memang harus terjun langsung ke masyarakat yang butuh bantuan apalagi ini soal air masalah yang penting dan harus diprioritaskan.

Kegiatan ini, lanjutnya, bagian dari nilai dasar pergerakan, yaitu salah satunya hablum minannas. Wajib hukumnya bagi kader PMII untuk berbagi sesama manusia.

Ketua PMII Kota Mataram M Sholihin menambahkan, air bukan hanya untuk konsumsi manusia tapi air juga kebutuhan pada sektor pertanian. Dengan kondisi seperti ini bagaimana nasib para petani. PMII Mataram meminta dengan segera diselasaikan oleh Pemkab Lombok Timur.

Sementara Direktur Coin Foundation Abdul Aziz menjelaskan, kegiatan ini murni sebagai bentuk aksi solidaritas peduli sesama mahluk social, tidak ada unsur politik atau kepentingan lainnya.

"Kami dari lembaga sosial kemanusiaan kali ini mengajak PMII Kota Mataram untuk sama-sama berbagi kepada masyarakat Jrowaru khususnya Desa Pemongkong dan Desa Paremas," kata alumni PMII Kota Mataram ini.

Ia juga menjelaskan bahwa memang sudah bagian dari kewajiban lembaganya untuk memberikan bantuan kepada masayarakat yang membutuhkan. Lembaganya juga memberikan bantuan di beberapa wilayah NTB bahkan di luar NTB. (Syamsul Hadi/Alhafiz K)