::: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) ::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id ::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::

Pemda Pringsewu Gelar MTQ VI untuk Peringati Hari Santri

Jumat, 20 Oktober 2017 03:03 Daerah

Bagikan

Pemda Pringsewu Gelar MTQ VI untuk Peringati Hari Santri
Ilustrasi.
Pringsewu, NU Online
Bertepatan dengan Hari Santri Nasional yang jatuh pada tanggal 22 Oktober 2017 mendatang, Pemerintah Daerah Kabupaten Pringsewu, Lampung akan menggelar Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) 2017.

Kegiatan MTQ yang diikuti 9 Kafilah kecamatan yang ada di Kabupaten dengan Motto Bumi Jejama Secancanan Bersenyum Manis ini akan digelar di Kecamatan Sukoharjo tepatnya di Lapangan Desa Siliwangi.

Menurut Kabag Kesmasyag Pemda Pringsewu H. Sukri kegiatan MTQ tahun 2017 kali ini juga diawali dengan Apel Hari Santri Nasional yang digelar di Lapangan Pendopo Pringsewu pada pagi hari ditanggal 22 Oktober 2017. Selanjutnya rangkaian Kegiatan MTQ akan dilanjutkan dengan Parade Mushaf Indah dan Pawai Taaruf para Kafilah dilokasi MTQ.

"Parade dan pawai akan digelar pada siang harinya setelah hari santri dengan mengambil star Lapangan Sukoharjo dan finish dilokasi MTQ yaitu di Lapangan Siliwangi," jelasnya, Kamis (19/10) dikantornya.

Ada yang menarik pada rangkaian prosesi parade dan pawai yang akan menghadirkan 27 mushaf dari seluruh provinsi di Indonesia dan dikirab serta dipertunjukkan kepada warga Kabupaten Pringsewu.

Parade dan pawai tersebut juga akan diwarnai dengan dimulainya Penulisan Mushaf Al-Qur'an oleh sekitar 650 santri di Kabupaten Pringsewu.

"Penulisan Mushaf Quran ini akan di mulai secara simbolis oleh Bupati Pringsewu dan diteruskan oleh para santri yang sudah diseleksi sebelumnya," terangnya pada acara yang dilakukan siang hari sebelum pembukaan Resmi MTQ pada malam harinya.

Rangkaian MTQ ke 6 ini juga akan diwarnai dengan kegiatan Diseminasi Al Quran yang akan digelar pada hari Senin tanggal 23 Oktober 2017 di Aula STMIK Pringsewu. Acara ini lanjutnya akan diikuti oleh para tokoh agama dan para pegiat Al Quran di Kabupaten Pringsewu.

Untuk lebih menyemarakkan MTQ tersebut, pihak panitia juga sudah menyiapkan layar lebar bagi masyarakat diseputar lokasi MTQ dengan menggelar nonton bersama Film Perjuangan Islam seperti Film Sang Kiai.

"Kita berharap doa dan dukungan dari seluruh warga Pringsewu agar agenda tahunan ini dapat berjalan dengan lancar dan lebih membumikan dan mensyiarkan Al Quran di Pringsewu," pungkasnya. (Muhammad Faizin/Fathoni)