::: ::: 

::: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) :::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id :::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::

Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat, BEM UNU Sidoarjo Berdayakan Kerajinan Kerang

Rabu, 01 November 2017 09:05 Daerah

Bagikan

Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat, BEM UNU Sidoarjo Berdayakan Kerajinan Kerang
Sidoarjo, NU Online
Upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Sidoarjo, Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Nahdlatul Ulama (BEM UNU) Sidoarjo memberdayakan Program Hibah Bina Desa (PHBD) melalui kerajinan.

Ketua Tim PHBD BEM UNU Sidoarjo Muhammad  Zakaria Dimas Pratama menyatakan, program PHBD diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat di sekitar kampus. Tak hanya itu, melalui program tersebut dapat memperkuat konsep wilayah program Desa Bluru Kidul menjadi destinasi wisata penghasil kerang berbasis edukasi dan religi.

"Program ini diharapkan mampu memberdayakan masyarakat, meningkatkan perekonomian dengan memaksimalkan produksi olahan dan kerajinan kerang," harap Dimas saat ditemui di UNU Sidoarjo, Selasa (31/10).

Beberapa kegiatan yang sudah dilaksanakan tim, lanjut Dimas, di antaranya pembuatan makanan dengan bahan dasar kerang yang dilakukan ibu-ibu PKK dan karang taruna desa yang tergabung dalam komunitas Wonderful Kampung Kerang. Hasilnya berupa krupuk kerang, bakso kerang, dan nuget kerang.

Tim PHBD juga menghias kampung kerang dengan menambahkan ornamen payung hias, lampion, dan pengecatan perahu nelayan.

Program PHBD BEM UNU Sidoarjo sebelumnya juga mendapatkan evaluasi dari Kemristekdikti pada Rabu (25/10) lalu. Proses evaluasi berlangsung selama tiga hari yang meliputi laporan hasil kegiatan dan kunjungan asesor ke lokasi program selama dua hari. (Moh Kholidun/Alhafiz K)