::: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) :::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id :::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::

Bacalah Doa Ini Saat Menjenguk Bayi yang Baru Lahir

Senin, 06 November 2017 16:00 Doa

Bagikan

Bacalah Doa Ini Saat Menjenguk Bayi yang Baru Lahir
Lahirnya seorang bayi merupakan sebuah hal yang menggembirakan. Apalagi jika bayi tersebut merupakan bayi yang sudah lama ditunggu-tunggu kehadirannya. Kegembiraan ini tidak terbatas hanya bagi kedua orang tua namun juga menyeluruh ke segenap keluarga dan tetangga.

Sudah menjadi kelaziman di Indonesia, setiap ada bayi yang baru lahir, akan dijenguk oleh sanak keluarga atau tetangganya. Dalam pemaparan kali ini, akan disampaikan doa yang baik diucapkan oleh orang yang menjenguk bayi, sekaligus doa balasan yang disampaikan oleh pihak yang dijenguk. Doa-doa ini selain menunjukkan rasa syukur kita kepada Allah, juga berfungsi untuk mempererat tali silaturrahim antarsesama Muslim.

Doa-doa tersebut kami kutip dari karya Syekh Muhyiddin Abu Zakaria Yahya bin Syaraf al-Nawawi al-Dimasyqi, Al-Adzkar al-Muntakhabah min Kalaami Sayyid al-Abrar, (Surabaya: Kharisma, 1998), hal. 302:

Doa menjenguk bayi yang baru lahir:

بَارَكَ اللهُ لَكَ فِي الْمَوْهُوْبِ لَكَ وَشَكَرْتَ الْوَاهِبَ وَبَلَغَ أَشُدَّهُ وَرُزِقْتَ بِرَّهُ

Bârakallâhu laka fil mauhûbi laka wasyakarta al-wâhiba wa balagha asyuddahu wa ruziqta birrahu

“Keberkahan bagimu atas apa yang telah dianugerahkan padamu. Kau bersyukur pada Sang Pemberi, telah sampai pada kesenangan dari-Nya, dan (semoga) diberikan rizki atas kebaikan-Nya” 

Sementara itu, pihak yang dijenguk dianjurkan membaca doa berikut ini:

بَارَكَ اللهُ لَكَ وَبَارَكَ عَلَيْكَ وَجَزَاكَ اللهُ خَيْرًا وَرَزَقَكَ اللهُ مِثْلَهُ أَوْ أَجْزَلَ اللهُ ثَوَابَكَ

Bârakallâhu laka wa bâraka ‘alaika wa jazâkallâhu khairan wa razaqakallâhu mitslahu au ajzalallâhu tsawâbaka

“Semoga engkau diberkahi Allah, semoga keberkahan Allah tercurah atas dirimu, semoga Allah membalas kebaikan bagimu, semoga Allah memberikan rizqi yang sama padamu atau Allah menyegerakan pahala bagimu”.

Demikian semoga bermanfaat dan semoga diijabah oleh Allah SWT. Amin. Wallahu a’lam bi shawab.

(Muhammad Ibnu Sahroji)