::: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) :::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id :::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::

Mengenal Pesantren Darul Hikmah Kota Mataram

Sabtu, 11 November 2017 14:15 Pesantren

Bagikan

Mengenal Pesantren Darul Hikmah Kota Mataram
Mataram, NU Online
Pondok Pesantren Darul Hikmah merupakah salah satu institusi dan lembaga pendidikan berbasis dakwah dan lembagaa sosial masyarakat di kota Maataram, yang jaraknya 1 kilometer dari pusat pemerintah Kota Mataram.


Keberadaannya, sebagai pusat dakwah dan pengembangan pendidikan, sosial sudah berkontribusi baik di tengah kehidupan masyarakat.

Pesantren Darul Hikmah didirikan oleh Almarhum TGH Mahmud Aminullah pada tahun 1994 di lingkungan Karang Genteng Pagutan, Kecamatan Ampenan, Kota Mataram. Pesantren ini berdiri atas dasar kepedulian untuk mengembangkan risalah Islamiyah, serta atas dasar desakan dan kebutuhan memperbaiki ahklak kehidupan masyarakat sekitar.

Tujuannya adalah untuk mempertinggi dan memperluas cakrwala dalam berbagai bidang ilmu pengetahuan mealui dakwah Islamiyah.

Seiring perjalanan waktu, pasca wafatnya pendiri yaitu TGH Mahmud Aminullah, pesantren dipimpin oleh TGH Abdul Hamid, yang merupakan putra TGH Mahmud Aminullah. Pesantren terus berkomitmen memajukan pendidikan dalam bidang pendidikan formal  SMP dan SMA, serta pendidikan non formal (diniyah).


Pesantren Darul Hikmah, selain mengelola juga mengembangkan lembaga majelis taklim pengajian dan Jam’iyah Ahluluttariqah Qadiriyah Wanaqsabandiyah Mu’tabarah di berbagai wilayah baik di Kota Mataram, Lombok Barat, Lombok Tengah, dan Lombok Timur. (Red: Kendi Setiawan)