::: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) :::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id :::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::

Pemerintah Tak Ramah Penyandang Disabilitas, Ini Suara Pelajar Difabel Berprestasi Nasional

Sabtu, 18 November 2017 01:04 Nasional

Bagikan

Pemerintah Tak Ramah Penyandang Disabilitas, Ini Suara Pelajar Difabel Berprestasi Nasional
Brebes, NU Online
Kholik salah seorang pelajar penyandang disabilitas mengatakan bahwa kaum difabel belum mendapat perhatian penuh dari pemerintah. Pemerintah belum banyak memberikan fasilitas untuk penyandang disabilitas seperti sarana dan prasarana olahraga khusus bagi teman sejawatnya.

Demikian disampaikan siswa Madrasah Aliyah (MA) Negeri Brebes 01 Moh Kholik Subechi yang berhasil meraih perunggu pada ajang Pekan Paralympic Pelajar Nasional (Peparpenas) VIII 2017. Kholik merupakan satu-satunya siswa penyandang disabilitas Brebes yang mewakili Provinsi Jawa Tengah.

Menurut Kholik, pemerintah belum menyediakan berbagai fasilitas umum seperti trotoar khusus, tangga khusus di pertokoan, dan lain-lain.

“Saya berharap, berbagai sarana dan prasarana khusus penyandang cacat untuk dipenuhi,” pintanya.

Kepala MAN Brebes 01 Tobari turut berbangga hati dengan prestasi yang telah ditorehkan oleh siswanya. Di madrasahnya, ia menerima siswa penyandang disabilitas dan tidak membeda-bedakan.

Prestasi yang telah ditorehkan Kholik, kata Tobari, sangat membanggakan hati. Pihak madrasah langsung memberikan reward berupa beasiswa prestasi biaya pendidikan selama sekolah di MAN Brebes.

“Beasiswa ini semoga bisa mendorong prestasi Kholik dan juga memotivasi siswa lain untuk lebih berprestasi,” pungkasnya.

Sebagaimana diketahui, kompetisi olahraga pelajar difabel telah berlangsung 7-14 November 2017. Kemenangan Kholik mampu menyumbangkan Kontingen Jawa Tengah sebagai juara umum Peparpenas dengan mendulang 18 emas, 7 perak dan 11 perunggu. (Wasdiun/Alhafiz K)