::: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) :::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id :::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::

Nabi Muhammad Pun Memperingati Maulid Nabi

Sabtu, 02 Desember 2017 16:45 Daerah

Bagikan

Nabi Muhammad Pun Memperingati Maulid Nabi
Kiai Faturahman
Banyumas, NU Online 
Peringatan Maulid Nabi atau hari lahirnya Nabi Muhammad SAW bukanlah suatu hal yang haram. Karena, Nabi Muhammad SAW sendiri juga memperingati maulid untuk dirinya sendiri.

Hal itu diungkapkan oleh Kiai Faturahman saat memberikan ceramah pada acara pengajian Maulid Nabi Muhammad SAW di Masjid Baiturrahim Gerumbul Manuksiung, Desa Jingkang, Kecamatan Ajibarang, Kabupaten Banyumas, Rabu (29/11). 

"Nabi Muhammad memperingati Maulid dengan berpuasa di hari kelahirannya, yaitu hari Senin," kata Kiai Faturahman.

Menuutnya, jika ada sekelompok orang yang mengatakan peringatan Maulid Nabi bi'dah, karena Nabi Muhammad SAW tidak pernah melakukannya, itu salah besar. Sebab, Nabi juga memperingati Maulid, hanya saja cara melaksanakannya berbeda dan waktu itu tidak diberi nama “maulid”. 

"Kita sekarang memperingati Maulid dengan membaca al Barzajni, membaca shalawat, dan mengadakan pengajian seperti sekarang ini," lanjut Kiai Muda yang juga mantan Ketua GP Ansor Banyumas itu.

"Jadi, peringatan Maulid Nabi itu sah-sah aja dilakukan, karena Nabi saja melakukannya," jelas Kiai Faturahman dihadapan ratusan jamaah Masjid Baiturrahim. (Kifayatul Akhyar/Mahbib)