::: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) :::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id :::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::

‘Siapa Memakmurkan Masjid, Maka Allah Akan Memakmurkannya’

Rabu, 06 Desember 2017 20:00 Nasional

Bagikan

‘Siapa Memakmurkan Masjid, Maka Allah Akan Memakmurkannya’
(foto: kebudayaan.kemendikbud.go.id)
Pohuwato, NU Online
Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Abdul Manan Ghani menjelaskan, siapapun yang memakmurkan masjid maka Allah akan memakmurkannya. Sesuai dengan keterangan yang ada di dalam Al-Qu’ran, masjid adalah rumah Allah di bumi ini. Sehingga mereka yang memuliakan masjid maka akan dimuliakan Allah. 

“Orang yang memakmurkan masjid akan dimakmurkan Allah,” kata Kiai Manan di acara Pelatihan Pemuda Pelopor di Pohuwato Provinsi Gorontalo, Rabu (6/12).

Kiai Manan menerangkan, untuk memakmurkan masjid maka harus disusun program-programnya. Baginya, masjid tidak cukup hanya dibangun, tetapi juga harus difungsikan dan dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan  masyarakat seperti syiar agama, pendidikan, ekonomi, kesehatan, dan lainnya.

“Harus diprogramkan agar masjid menjadi pusat peradaban Islam yang rahmatan lil ‘alamin,” lanjutnya.

Lebih jauh, ia menghimbau Nahdliyin untuk menjaga masjid mereka agar tidak diambil alih oleh kelompok-kelompok yang mengafirkan dan membid’ahkan mereka yang tidak sepaham dengannya. 

“Maka dari itu, labelisasi masjid itu penting,” cetusnya.

Acara pelatihan ini merupakan hasil kerjasama antara Lembaga Ta’mir Masjid PBNU bekerjasama dengan Kementerian Pemuda dan Olah Raga RI. Tema yang diangkat adalah Revitalisasi Peran dan Fungsi Masjid sebagai Benteng dan Kedaulatan dan Pemakmuran NKRI. Di Provinsi Gorontalo, acara ini diadakan selama hari di lima kabupaten kota, yaitu Kota Gorontalo, Kabupaten Gorontalo, Kabupaten Boalemo, Kabupaten Pohuwato, dan Kabupaten Bone Bolango. (Muchlishon Rochmat)