::: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) :::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id :::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::

Bagaimana Bermedsos dengan Bijak? Ini Tipsnya

Jumat, 08 Desember 2017 11:00 Nasional

Bagikan

Bagaimana Bermedsos dengan Bijak? Ini Tipsnya
Jakarta, NU Online
Head of Corporate Communication Group Indosat, Deva Rahma memberikan tips bijak dalam bersosial media. Tips tersebut ia sampaikan pada Silaturahmi Nasional yang dilaksanakan oleh Lembaga Pentashih Buku dan Konten Keislaman Majelis Ulama Indonesia (LPBKI-MUI) di Hotel Santika TMII Jakarta, Kamis (7/12).

"Survey merilis bahwa masyarakat saat ini menghabiskan 20 jam perhari untuk bermedia sosial. Dan para anak muda saat ini sudah bersosialisasi dengan orang lain via media sosial," katanya.

Sehingga menurutnya perlu sikap bijak dalam bersosmed yang setidaknya mengurangi efek negatif serta tidak akan menimbulkan efek-efek lain yang merugikan diri sendiri.

"Disadari bersama bahwa sosial media saat ini memang memegang peran penting dalam komunikasi di masyarakat dan sudah semestinya mampu memanfaatkannya untuk hal-hal positif," Deva menambahkan.

Diantara tips bijak dalam bermedsos yang diberikan oleh wanita berhijab ini adalah melakukan filterisasi atau seleksi terhadap pertemanan dalam media sosial.

"Usahakan menerima pertemanan dari akun yang jelas statusnya dan identitasnya," katanya.

Selanjutnya ia menganjurkan warganet memasang identitas asli namun tidak bersifat pribadi.

"Tidak perlu berbagi nomor telepon dan informasi pribadi lainnya. Pasang foto profil yang sewajarnya," anjurnya.

Saat beraksi dengan membuat pernyataan dalam media sosial seyogianya berpikir dahulu sebelum membuat status dengan menjauhi perdebatan yang cenderung mengarah kepada kemudlaratan.

"Akun media sosial yang dimiliki diproteksi dengan baik," tegas Deva. (Muhammad Faizin/Kendi Setiawan)